Jembatan Gantung Penghubung Pekon Pagar Dewa dengan Sukamulya Rusak

Jembatan Gantung Penghubung Pekon Pagar Dewa dengan Sukamulya Rusak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jembatan gantung yang menjadi akses penghubung antar Pekon Pagar Dewa dengan Pekon Sukamulya Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat yang dibangun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI) sudah mengalami kerusakan.

Jembatan gantung yang dibangun pasca putusnya jembatan permanen di wilayah itu akibat diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu itu sudah menunjukan kerusakan terutama pada bagian lantai dan beberapa tiang penyangga yang patah. 

Merespon itu, Kepala BPBD Lambar Padang Priyo Utomo telah turun untuk mengecek sejumlah kerusakan tersebut dan ia menyebut perbaikan sekaligus penguatan ulang infrastruktur akan dilakukan secepatnya.

BACA JUGA:Bawa 8 Paket Sabu, Pemuda Asal Pesbar Diamankan di Pasar Liwa

“Kemarin kami sudah check, kondisinya memang demikian dan penyebab kerusakan dipicu akibat overload baik itu kapasitas maupun intensitas penggunaan, namun demikian kami pastikan upaya perbaikan akan dilakukan secepatnya,” kata Padang. 

Sementara, Rohman salah seorang warga mengaku was-was dengan kondisi jembatan gantung itu saat ini. Selain las-lasan lantai jembatan yang sudah terlepas juga beberapa tiang penyangga patah.

“Kondisi ini sangat membahayakan warga yang melintas, kami khawatir jika penanganan lambat maka akan memakan korban. Disisi lain masyarakat tidak ada pilihan lain selain menggunakan jembatan gantung ini,” keluhnya.

BACA JUGA:Bahas Persiapan Pengamanan Idul Fitri 1444, Polres Lambar Gelar Rakor Lintas Sektoral

Sekadar diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu malam hingga dini hari Minggu (12-13/11/2022) silam di sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bencana banjir hingga longsor di Kecamatan Sukau.

Kerusakan parah yang ditimbulkan salah satunya terjadi pada akses Jembatan menuju Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, yang putus akibat banjir pada dini sekitar pukul 04:00 WIB. Kondisi itu mengakibatkan mobilitas ratusan warga di Pekon Sukamulya terhambat.

Demi kelancaran mobilitas warga, BPBD Lambar bersama Vertical Rescue Indonesia membangun jembatan gantung dan dikarenakan jembatan itu merupakan satu-satunya akses utama maka mobilitas kendaraan roda dua maupun orang ramai dilalui setiap harinya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: