SMPN 1 Sekincau Ikuti Pembinaan Adiwiyata Bersama DLH Lambar

SMPN 1 Sekincau Ikuti Pembinaan Adiwiyata Bersama DLH Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Barat menyambangi SMP Negeri l Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dalam rangka pembinaan persiapan penilaian Penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Lambar 2023, Selasa (4/4).

Seperti diketahui di bawah kepemimpinan Imam Safe'i, M.Pd., SMP tersebut masuk kategori penghargaan adiwiyata tingkat kabupaten, hal itu karena di sekolah tersebut unsur-unsur pendukung adiwiyata sudah ada, mulai dari dukungan lingkungan maupun lainnya.

Dikonfirmasi saat melakukan pembinaan Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (PPLH) Sukimin, S.I.P, M.M,Sukimin, mendampingi Kepala DLH Hendry Faisal S.H, MH., mengatakan di Kabupaten Lampung Barat terdapat 15 satuan pendidikan yang mengikuti lomba Adiwiyata mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga mandiri, salah satu diantaranya yakni SMP Negeri 1 Sekincau. 

BACA JUGA:Operasi Antik, Polisi Jaring Dua Pemuda yang Kedapatan Bawa Sabu

Karena saat ini sedang dalam suasana bulan suci Ramadhan, sehingga kegiatan pembinaan dilaksanakan secara bergilir di sepuluh sekolah, sedangkan Lima sekolah akan dilakukan bulan berikutnya.

Diutarakannya pembinaan yang dilakukan seperti tentang penyusunan dokumen Adiwiyata atau bedah dokumen, mulai dari dokumen perencanaan pelaksanaan hingga dokumentasi titik. 

Sekaligus monitor dan evaluasi lapangan secara menyeluruh baik di dalam kelas maupun luar kelas, seperti kebersihan sanitasi, drainase, pemanfaatan sampah daur ulang dan lainnya. 

BACA JUGA:Pedagang Berjualan hingga Tengah Jalan Dikeluhkan Warga

Termasuk monitor terhadap upaya yang telah dilakukan sekolah diantaranya kegiatan penanaman dan pemeliharaan tanaman. Seperti contoh program pohon asuh, konservasi air, konservasi energi, terakhir ada inovasi dari sekolah apa tidak. 

Sukimin optimis keikutsertaan SMPN 1 Sekincau pada lomba adiwiyata akan mampu meraih harapan, lantaran Kepsek Imam Syafi'i telah membuktikan keberhasilan tersebut saat memimpin SMPN 1 Air Hitam yang telah mencapai adiwiyata tingkat nasional dan kesiapan yang telah dilakukan saat ini.  

Kepsek Imam Safe'i pembinaan yang dilakukan tersebut sangat penting bagi sekolah bukan hanya dalam persiapan dan kesiapan sangat penilaian melainkan juga memberikan energi kepada dewan guru maupun siswa melakukan inovasi dalam meraih status adiwiyata.

BACA JUGA:Kapolres Belitung Timur Terima Audiensi DPC PJS Beltim

Disebutkannya kendala yang terjadi saat ini seperti belum adanya tempat pengolahan sampah sehingga di bidang tersebut membutuhkan inovasi, kemudian memperbanyak upaya penanaman pohon dan tak kalah pentingnya menjaga kebersihan sekolah serta perilaku warga sekolah. 

Imam Safe'i sampaikan upaya yang akan dilakukan berikutnya seperti pengadaan tempat penampungan akhir sampah (TPAS), serta penataan halaman seperti memanfaatkan lahan kosong menjadi green house, dan taman sekolah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: