Pemkab Pesbar Gelar Rapat Persiapan Audit Stunting

Pemkab Pesbar Gelar Rapat Persiapan Audit Stunting

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan kegiatan rapat persiapan audit stunting tahun 2023, yang dilaksanakan di Aula STIT Multazam, Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (3/4) kemarin.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Kadis DP3AKB dr. Budi Wiyono, M.H., perwakilan sejumlah OPD dan Kepala Puskesmas di kabupaten setempat.

BACA JUGA:BPJN Mulai Lakukan Perbaikan Ruas Jalinbar

Dalam kesempatan itu, Zulqoini Syarif, mengatakan persoalan stunting menjadi agenda pembangunan nasional, dan kabupaten pesisir barat menjadi salah satu kabupaten prioritas, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

“Stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, tapi juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Hal ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang di bawah rata-rata, dan bisa berakibat pada prestasi sekolah yang buruk,” ungkapnya.

BACA JUGA:Pembayaran THR ASN di Lambar Masih Belum Jelas

Dijelaskannya, pelaksanaan audit kasus stunting adalah kegiatan untuk mencari penyebab terjadinya kasus stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa diseluruh wilayah di Kabupaten Pesbar.

“Audit kasus stunting dilaksanakan dalam bentuk pertemuan oleh tim percepatan penurunan stunting (TPPS) kabupaten berdasarkan laporan dari TPPS kecamatan dan TPPS Desa,” jelasnya.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Dana TPG-PNSD Rp18,445 Miliar Masuk Kasda

Menurutnya, keberadaan TPPS adalah organisasi percepatan penurunan stunting yang bertugas mengkoordinasikan, mensinergikan, dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting.

“Tim percepatan penurunan stunting menjadi forum pelaksana aksi konvergensi lintas sektor yang bertugas melaksanakan konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program pusat, daerah dan desa serta peran serta pemangku kepentingan,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: