Pemkab Pesbar Gelar Operasi Pasar Murah Beras SPHP

Pemkab Pesbar Gelar Operasi Pasar Murah Beras SPHP

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopdag), bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Lampung Utara, menggelar operasi pasar murah beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang dipusatkan di Pasar Way Batu Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (28/3/2023).

Kegiatan itu dihadiri dan dibuka oleh bupati Pesbar Dr.Drs.Agus Istiqlal, S.H, M.H., didampingi Wakil Bupati A.Zulqoini Syarif, S.H., selain itu juga dihadiri Asisten II Setdakab Pesbar Drs.Zukri Amin, M.P., kepala Diskopdag Pesbar Siswandi, S.Kom, M.H., unsur Forkopimda serta pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:DPMP Pesbar Minta Pekon Sampaikan Usulan Pencairan DD Tahap Satu

Bupati Pesbar, Agus Istiqlal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan ini salah satunya bertujuan agar masyarakat yang ada di Kabupaten Pesbar ini bisa mendapatkan kebutuhan bahan pokok (sembako) salah satunya beras di bulan Ramadhan ini. 

Karena memang harga beras yang dijual dalam kegiatan operasi pasar murah beras SPHP tersebut sangat terjangkau untuk semua masyarakat.

BACA JUGA:Truk ‘Terduduk’ di Jalibar, Ini Penyebabnya

“Kegiatan yang dilaksanakan ini juga dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah Pusat terkait pengendalian inflasi,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, operasi pasar murah beras SPHP ini juga dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri tahun 1444 Hijriah, dan mendukung kelancaran distribusi maupun stabilitas perekonomian yang terjadi saat ini.

BACA JUGA:Krui Pro 2023, Pemkab Pesbar Koordinasi Dengan Kemenkomarves

“Kita berharap dengan diadakan kegiatan operasi pasar beras SPHP ini, masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau, sehingga terjadi keseimbangan di dalam pemasaran, daya beli dan tentunya ada perputaran uang yang stabil di Kabupaten Pesbar ini,” jelasnya.

Kepala Diskopdag Pesbar, Siswandi, mengatakan, Pemkab Pesbar yang bekerjasama dengan Bulog dalam kegiatan operasi pasar murah melalui program SPHP itu menyiapkan sebanyak 5.000 kilogram (Kg) beras atau sebanyak 1.000 sak karung beras dengan kemasan lima kilogram persak-nya.

BACA JUGA:Anggota SPKT Polsek Sumberjaya Monitor Kegiatan Sholat Tarawih Warga

“Untuk harga persak dengan isi sebanyak lima kilogram beras itu dijual dengan harga Rp44.000, dimana dalam satu kilogramnya itu dengan harga Rp8.800 atau dibawah harga eceran tinggi,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: