HMI Minta Kapolda Lampung Evaluasi Kinerja Kapolres Metro

HMI Minta Kapolda Lampung Evaluasi Kinerja Kapolres Metro

Ketua HMI Badko Sumbagsel, Muhammad Ridho Syahputra--

METRO, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Maraknya aksi pencurian mulai dari Curat, Curas dan Curanmor (C3) di Kota Metro membuat berbagai kalangan menyoroti kinerja Kepolisian. Sorotan tersebut muncul dari kalangan cendekiawan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Ketua HMI Badan Koordinasi (Badko) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Muhammad Ridho Syahputra meminta Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lampung, Irjen Pol Akhmad Wiyagus melakukan evaluasi terhadap kinerja Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro, AKBP Heri Sulistyo Nugroho.

"Yang pertama kami minta bapak Kapolda Lampung yang terhormat, Irjen Pol Akhmad Wiyagus dapat memberikan atensi khusus kepada Polres Metro. Jika perlu tolong dievaluasi kinerjanya, jangan sekedar keliling menggelar kegiatan seremonial tapi minim aksi penangkapan pelaku tindak pidana," kata dia kepada awak media, Minggu (25/3/2023).

BACA JUGA:Terapang Lampung, Regalia Para Dapunta Pesagi Seminung

Dalam keterangan Persnya, pria yang akrab disapa Ridho tersebut juga berharap Kapolda Lampung memberikan penekanan kepada personil jajaran Kepolisian Resort Metro.

"Yang jelas kami sampaikan seperti ini bukan tanpa alasan, karena aksi pencurian di Metro ini sudah seperti jamur di musim hujan, banyak sekali kejadian. Yang sangat disayangkan adalah upaya pengungkapan kasus-kasus itu yang sangat minim sekali, khususnya kaitan dengan curanmor," ucapnya.

Ridho meyakini, Polri mampu mengungkap setiap pelaku tindak pidana yang mengkhawatirkan masyarakat. Terlebih, sejumlah aksi pencurian kendaraan bermotor di Kota Metro kerap terjadi siang hari.

BACA JUGA:Berburu Takjil di Hari Kelima Ramadhan di Pasar Tani Kemiling

"Kami yakin, Polisi pasti mampu melakukan pengungkapan dan menangkap para pelaku kejahatan khususnya pencurian motor di Metro ini. Tinggal kemudian mau atau tidak personil Polisi Polres Metro ini mengungkap pada pelakunya, jika perlu beri tindakan tegas terukur di setiap pengungkapan pelaku," ujarnya.

Mantan Sekretaris Umum HMI Cabang Metro tersebut bahkan menduga aksi pencurian di Kota Metro terjadi setiap hari. Bahkan banyak dari masyarakat yang tidak melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Polisi lantaran dinilai tidak efektif.

"Di Metro ini banyak aksi curanmor yang viral karena terekam CCTV, ada pula yang para korbannya melaporkan motornya hilang, belum lagi yang tidak melaporkan kehilangannya kepada Polisi. Jumlahnya itupun tidak sedikit," bebernya.

BACA JUGA:RSUDAM Provinsi Lampung Lulus Akreditasi Paripurna dari LIPA LARS DHP

"Dari catatan HMI, aksi pencurian motor dan pencurian yang lainnya diduga setiap hari terjadi. Dan sampai saat ini, belum ada pelaku yang ditangkap langsung oleh Polisi di Metro, beberapa pelaku yang diamankan itu karena penangkapan yang dilakukan masyarakat," imbuhnya.

Untuk itu, aktivis mahasiswa yang intens menghadirkan kritik terhadap kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat tersebut juga meminta Kapolres Metro dapat merespon setiap laporan dan keluhan masyarakat terkait dengan maraknya aksi pencurian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: