Volume Sampah Diprediksi Meningkat Selama Ramadhan

Volume Sampah Diprediksi Meningkat Selama Ramadhan

Ilustrasi sampah--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) memprediksi jumlah volume sampah terutama sampah rumah tangga selama bulan puasa ramadhan 1444 Hijriah mengalami peningkatan dari hari biasanya. 

Hal itu disebabkan salah satunya karena kebutuhan masyarakat selama ramadhan meningkat.

Kabid Kebersihan, Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup dan Pertamanan, Ns. Erido Riski, S.Kep., mendampingi Kepala DLH Pesbar Husni Aripin, S.IP., mengatakan, setiap tahun terutama saat bulan puasa ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri, volume sampah rumah tangga kerap mengalami peningkatan dibanding dengan hari-hari biasa sebelum Ramadhan.

BACA JUGA:Kampung Ramadhan Jilid 2, Masjid Nurul Huda Jadid Sumber Jaya Gelorakan UMKM Bangkit

“Bukan hanya di Kabupaten Pesbar ini saja, tapi juga di semua daerah dipastikan volume sampah rumah tangga saat bulan ramadhan akan meningkat jumlahnya,” katanya.

Dijelaskannya, dengan adanya peningkatan volume sampah tersebut, tentu DLH Kabupaten Pesbar juga tetap akan berupaya untuk memaksimalkan dalam pengangkutan volume sampah di setiap pelanggan, dalam hal ini di rumah-rumah warga. 

Sehingga, diharapkan tidak terjadi penumpukan volume sampah. Meski begitu pihaknya juga berharap kepada masyarakat agar dapat bersabar jika memang dalam pengangkutan tumpukan sampah mengalami keterlambatan.

BACA JUGA:Stok LPG di Lambar Aman

“Jika terjadi keterlambatan itu salah satunya karena kendaraan angkutan sampah yang memang masih kurang, sehingga dalam pengangkutan sampah dilakukan secara bergantian,” jelasnya.

Masih kata dia, DLH Kabupaten Pesbar hingga kini juga masih terus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, baik di sungai, dipinggir pantai, maupun di lokasi lainnya seperti di pinggir jalan. 

Mengingat, sampai saat ini juga masih ditemukan beberapa lokasi yang kerap dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. 

BACA JUGA:Kemendagri Setujui Rencana Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Lampung

Sehingga hal ini harus benar-benar dapat dicegah, karena jika dibiarkan sampah yang dibuang sembarangan itu akan terus menumpuk.

“Sampai sekarang masih ditemukan beberapa lokasi yang kerap menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Karena itu, kita mengimbau agar kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya agar lebih ditingkatkan, dengan begitu tidak lagi ditemukan ada masyarakat yang membuang secara sampah sembarangan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: