Sambut Hari Raya Nyepi dan Bulan Suci Ramadhan BDK Pekon Srimenanti Tampilkan Ogoh-Ogoh

Sambut Hari Raya Nyepi dan Bulan Suci Ramadhan BDK Pekon Srimenanti Tampilkan Ogoh-Ogoh

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menyambut Hari Raya Nyepi Umat Hindu dan Bulan Suci Ramadhan 1.444 Hijriah bagi Umat Muslim, Bali Dharma Kerti (BDK) Pekon srimenanti, kecamatan Air Hitam menampilkan seni budaya ogoh-ogoh yang diarak keliling kampung setempat.

Pada acara tersebut tampak hadir Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, DPK Apdesi Air Hitam Husain, Peratin Srimenanti Anggi Ismanto, Peratin Sidodadi Prayitno dan tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga setempat pada umumnya.

Dalam sambutannya Bambang mengapresiasi dilaksanakannya tradisi ogoh-ogoh tersebut, karena melalui budaya itu menjadi wadah silaturahmi antar warga dan antar umat beragama.

BACA JUGA:Selama Bulan Puasa, Jam Kerja ASN Lambar Dikurangi

Pihaknya berharap semoga ibadah yang akan dilaksanakan seperti puasa Ramadhan bagi umat Islam dapat dilaksanakan dengan lancar dan penuh berkah. Begitu juga hari raya nyepi bagi umat Hindu.  

Sedangkan disampaikan Ketua Adat BDK Pekon Srimenanti Wayan Darmawan, Ogoh-ogoh merupakan wujud kreativitas masyarakat Bali untuk menyambut Hari Raya Nyepi, hal ini merupakan sebuah ekspresi budaya. 

Adapun ogoh-ogoh ini merupakan gambaran dari tokoh Hindu, yaitu Bhuta Kala.

BACA JUGA:Jelang Puasa, Harga-Pasokan Kebutuhan Pokok Aman

Adapun bentuk dari ogoh-ogoh tersebut berupa boneka raksasa yang diarak keliling desa pada saat menjelang malam sebelum Hari Raya Nyepi yang diiringi dengan gamelan Bali. 

Pihaknya juga menerangkan asal-usul ogoh-ogoh hingga fungsinya pada perayaan Hari Raya Nyepi. Nama ogoh-ogoh diambil dari sebutan ogah-ogah dari bahasa Bali yang artinya sesuatu yang digoyang-goyangkan. 

Pada tahun 1983, mulai dibuat wujud-wujud Bhuta Kala berkenaan dengan ritual Nyepi di Bali. Pada saat itu pula terdapat keputusan presiden yang menyatakan Nyepi sebagai hari libur nasional.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Stok Daging-Telur Aman

Lanjutnya tradisi itu menggambarkan Sosok Bhuta Kala Ogoh-ogoh adalah karya seni patung kebudayaan Bali yang menggambarkan sosok Bhuta Kala. 

Dalam kebudayaan Hindu, Bhuta Kala merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: