Irjen Kemenag Evaluasi Pemenuhan SNP di Madrasah

Irjen Kemenag Evaluasi Pemenuhan SNP di Madrasah

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka untuk mengetahui perkembangan kemajuan dan permasalahan terkait Implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). 

Inspektorat jenderal (Irjen) Kemenag Republik Indonesia, melaksanakan evaluasi pemenuhan SNP pada Madrasah di lingkungan kantor Kemenag Kabupaten Pesbar, yang dipusatkan di MAN 1 Pesisir Barat, sejak Rabu (15/3) dan rencananya hingga Jumat (17/3).

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Gepeng Mulai Bermunculan di Bandar Lampung

Kasi Pendidikan Islam, Ahmad Khotob, S.Ag, M.M., mendampingi kepala Kemenag Pesbar Hi. Helmi, S.Ag, S.Pd, M.M., mengatakan, SNP merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Adanya aturan mengenai SNP itu salah satunya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia termasuk di dalamnya pendidikan Madrasah.

BACA JUGA:Kepala UPTD PKOR Way Halim Diduga Rutin Terima Upeti

“Salah satunya Madrasah di Kabupaten Pesbar ini, tetap harus mengacu pada SNP. Karena itu harus dilakukan evaluasi terkait pemenuhan SNP itu sendiri,” katanya, Kamis (16/3).

Dijelaskannya, adapun fungsi dari SNP itu yakni sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. 

BACA JUGA:Pekon Balam Jadi Lokasi Kegiatan Program PTSL 2023 di Pesbar

Sedangkan, SNP itu sendiri meliputi delapan komponen pendidikan yakni terdiri dari standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pengelolaan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan. 

Kemudian, standar evaluasi, standar pembiayaan, serta standar sarana dan prasarana.

BACA JUGA:Dispar Pesbar Laksanakan Pemilihan Muli-Mekhanai Pesisir Barat 2023

“Delapan standar tersebut menjadi syarat bagi semua satuan pendidikan termasuk madrasah. Karena itu, salah satunya Madrasah yang ada di Kabupaten Pesbar yakni MAN 1 Pesbar ini dilakukan evaluasi oleh tim dari Irjen Kemenag RI,” jelasnya.

Masih kata Khotob, dengan dilakukannya evaluasi terkait pemenuhan SNP tersebut, mudah-mudahan MAN 1 Pesbar itu memenuhi standar yang diharapkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: