Gerak Cepat! Pemkab Lampura Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor

Gerak Cepat! Pemkab Lampura Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor

Sekkab Lampura Drs. Lekok, MM., saat menyerahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di wilayah Kotabumi dan sekitarnya--

BACA JUGA:Jum'at Berkah, Tiga Pilar Tanjung Raya Santuni Penyandang Disabilitas dan Anak Yatim Piatu

Pihaknya telah melakukan langkah-langkah strategis, dan saat ini masuk pada tahap identifikasi persoalan pasca banjir bandang di sejumlah wilayah disana.

Sehingga dapat memaksimalkan sumber daya dimiliki, guna memberikan rasa aman, nyaman dan damai di tengah hiruk-pikuk persoalan banjir disana.

Sekaligus, mampu menjawab pertanyaan dari penduduknya terkait penanganan pasca banjir.

"Itu nanti, muaranya akan sampai kepada bantuan yang akan diberikan kepada warga terdampak, sebagai lanjutan apa yang dilaksanakan selama ini. Jadi sekarang masih berproses, sehingga mohon bersabar saudara-saudara sekalian," ungkapnya.

BACA JUGA:Rangkaian HUT Provinsi Lampung, Gubernur dan Masyarakat Senam di PKOR Way Halim

Untuk saat ini, yang sedang dikerjakan tim ialah identifikasi dampak bencana, nanti setelahnya bantuan apa yang dapat diberikan oleh pemerintah daerah Lampura. 

Sehingga berharap dapat lebih mengenal dan menghargai lingkungan, seperti bergotong - royong bersih sungai, tidak membuang sampah dan hal positif lainnya.

"Menyoal persoalan banjir disana, mereka yang terdampak cukup parah banjir bandang itu mayoritas didominasi oleh warga yang tinggal di bantaran kali," tegasnya.

Disisi lain, dari Dinas Kesehatan mengaku selama ini telah mengaplikasikan apa yang diinstruksikan pemerintah daerah terhadap penanggulangan masalah banjir bandang. 

BACA JUGA:PM Bersama Warga Way Tenong Gelar Senam Jantung Sehat

Seperti menyiapkan sarana pelayanan kesehatan mobile, baik dari dinas maupun puskesmas.

"Untuk rujukan kita juga sudah siapkan rumah sakit, yakni RSD HM Mayjend Ryacudu Kotabumi. Selain itu, kita telah mengumpulkan donasi untuk daerah yang benar-benar membutuhkan bantuan, juga telah menyalurkan beberapa bantuan atau buah tangan sekedar menghibur saudara - saudara kita tertimpa musibah," ulas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampura, dr. Maya Natalia Manan.

Untuk BPBD Lampura sendiri, sejauh ini telah melaksanakan berbagai upaya terkait penanggulangan awal bencana. 

Selain melakukan pertolongan awal di lapangan (evakuasi) juga melakukan identifikasi serta verifikasi persoalan masalah banjir di lapangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: