Akibat Hujan Deras, Kabupaten Lampura Dikepung Banjir

Akibat Hujan Deras, Kabupaten Lampura Dikepung Banjir

Perumahan Nuwwo Mafan Kotabumi Selatan menjadi salah satu wilayah yang terdampakbanjir-Foto Fahrozy Irsan Toni-

LAMPURA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir pada Kamis, 9 Maret 2023.

Mulai dari wilayah dataran tinggi (atas) Kecamatan Abung Tinggi, Tanjung Raja sampai kedataran rendah seperti Kotabumi, Kotabumi Selatan, Kotabumi Utara, Abung Timur, Abung Surakarta, Hulu Sungkai, hingga di Kecamatan Muara Sungkai setidaknya ratusan rumah terendam banjir bandang.

Sementara, dampaknya dirasakan masyarakat saat ini, mulai dari jalan penghubung putus terendam, jembatan putus, hewan ternak, kolam pemancingan, Lahan pertanian hingga ratusan rumah warga berada di 9 Kecamatan terendam banjir.

Seperti di Desa Sekipi, Kecamatan Abung Tinggi air telah memasuki rumah warga yang berada di bantaran Way Abung. 

BACA JUGA:Rp2 Miliar untuk Bangun Jembatan Way Ringkih

Setidaknya ada puluhan rumah yang terendam air, dan beberapa perabotan rumah tangga diantaranya basah.

"Mulai dari malam tadi, sekitar dini hari atau pukul 03.00 Wib hujan telah turun deras disini. Kalau kejadian air masuk, itu mulai pagi tadi," ujar Kepala Desa Skipi, Jamili, Kamis 9 Maret 2023.

Untuk data sementara, desa yang berada di daerah dataran tinggi tersebut kenaikkan air di sepanjang aliran Way Abung telah naik ke perkampungan. Bahkan beberapa diantara rumah warga tenggelam, serta bangunan pabrik pun mengalami nasib serupa.

"Kita menghimbau warga untuk dapat menaruh harta berharganya ketempat yang lebih aman, sebab hujan masih terus berlangsung hingga saat ini. Dan kepada saudara - saudara berada dibawah atau dataran lebih rendah, agar dapat mewaspadainya banjir kiriman," kata dia.

BACA JUGA:MIN 1 Lambar Jadi Sampel Penelitian KBM Pra dan Pasca Covid-19 oleh SurveyMETER Yogyakarta

Sementara, ratusan rumah warga berada di 6 Kecamatan berada di dataran bawah, hingga berita ini ditulis masih melakukan evakuasi. 

Untuk data sementara, di Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan, setidaknya 24 rumah tergenang air.

"Hujan yang mengguyur sejak, tadi malam, sekarang itu telah menunjukkan kenaikkan debit aliran sungai, puluhan rumah di Keluarahan ini sudah terendam dengan ketinggian sepinggang orang dewasa," kata Pardi Yanto(51) warga di wilayah itu.

“Banjir bandang ini berada di LK 06; RT 01, RT 02, RT 03, dan RT 05. Saat ini kita terus melakukan peninjauan di lapangan, guna melihat kondisi terkini masyarakat," tambah Lurah Tanjung Harapan, Syahrir Ependi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: