Bunda Winarni Hadiri Lomba Desa di Purwotani

Bunda Winarni Hadiri Lomba Desa di Purwotani

--

“Ayo pak Kades Kita berinovasi agar Desa punya Wisata unggul, kalau disini banyak petani dan sawah, ini bisa kita jadikan objek wisata agar Desa Punya Pendapatan Asli Desa,” ungkapnya.

BACA JUGA:Lampung Ikut Rakor Pengendalian Inflasi, Tito : Februari 2023 Inflasi Indonesia Peringkat 18 dari 24 Negara

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarty yang hadir membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan, menyampaikan apresiasi kepada Kecamatan Jati Agung khususnya kepada Kepala Desa Purwotani yang telah menyiapkan Desanya untuk lomba desa.

Dirinya optimis Desa Purwotani sudah sangat siap untuk dilakukan penilaian dan dapat memberikan kreatifitas terbaiknya.

“Untuk mencapai tujuan pembangunan Desa ada Dua Indikator utama yang harus dilengkapi, yakni Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Data Profil Desa,” ujarnya.

“Dimana keduanya menjadi patokan ataupun tolak ukur bagi Pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa,” ungkapnya lebih lanjut.

BACA JUGA:Babinsa Koramil TBS Monitoring Kegiatan Posyandu di Wilayah Binaan

Selain itu, dirinya mengatakan Penilaian Lomba Desa Tahun 2023 ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.81/2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang meliputi 3 (Tiga) Bidang, yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan.

Selain penilaian lomba desa, kata Munawarty, Tim Penilai juga akan melaksanakan penilaian perlombaan Bulan Bakti Gotong royong Masyarakat (BBGRM) yang telah menetapkan 4 (Empat) Instrumen Penilaian, yaitu Bidang Kemasyarakatan, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Agama dan Bidang Lingkungan.

Diakhir kegiatan Winarni beserta Tim Penilai dan rombongan meninjau Posko pelayanan yang ada di Desa Purwotani.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: