Hari Pertama Ops Keselamatan di Pringsewu, Ratusan Pelanggar Ditindak

Hari Pertama Ops Keselamatan di Pringsewu, Ratusan Pelanggar Ditindak

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Baru digelar Operasi Keselamatan Krakatau 2023, Polres Pringsewu tindak ratusan pelanggar. Mayoritas pelanggar lalulintas adalah pengendara roda dua.

Satgas penegakan hukum (Gakkum) menurut Kasat lantas AKP Khoirul Bahri mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengatakan di hari pertama operasi telah menindak 137 pelanggar lalu lintas.

"Dari 137 pelanggaran itu 91 pelanggaran dilakukan pengendara roda dua sementara sisanya 46 pelanggaran dilakukan oleh pengemudi roda empat atau lebih," ujar AKP Khoirul Bahri melalui keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:Dewi Handajani Hadiri Tingkeban Massal Memperingati Satu Abad NU

Lanjutnya pelanggaran yang ditindak merupakan pelanggaran yang kasat mata. Diantaranya tidak menggunakan helm, menggunakan knalpot brong, tidak memakai sabuk pengaman, muatan melebihi ketentuan dan juga TNKB tidak sesuai spek. 

Rincian pelanggaran dikatakan AKP Khoirul Bahri tidak menggunakan helm sebanyak 65 orang, knalpot brong 11 orang. Kemudian TNKB tidak sesuai spek 24 orang, muatan melebihi ketentuan 17 orang dan tidak menggunakan sabuk keselamatan 20 orang.

Mengingat tujuan utama dari operasi ini untuk menumbuhkan kesadaran berlalulintas, maka bagi para pelanggar hanya diberikan teguran dan edukasi untuk tidak lagi melakukan pelanggaran.

BACA JUGA:Tim SAR BPBD Dikerahkan Lakukan Pencarian Warga Padangcahya yang Dilaporkan Hilang

"Ya sementara ini hanya kita berikan teguran lisan dan tertulis serta imbauan untuk selalu tertib berlalu lintas," terangnya.

Terkait hal ini Kasat lantas AKP Khoirul Bahri menghimbau masyarakat khususnya di Kota Pringsewu untuk lebih mentaati tata tertib lalu lintas di jalan. 

Untuk diketahui Operasi Keselamatan Krakatau 2023 resmi dimulai termasuk di Pringsewu. Operasi Keselamatan Krakatau 2023 dilaksanakan selama 14 hari (7-20 Februari 2023) serentak di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Bupati Lampura Sampaikan Santunan untuk Keluarga Ilham Maulana

Operasi tersebut diharapkan dapat mengurangi jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. 

"Serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam lintas serta terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman dan nyaman menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023," terang Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi membacakan amanat Kapolda Lampung saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Krakatau 2023 di halaman Mapolres Pringsewu, Komplek Perkantoran Pemkab Pringsewu, Klaten, Gadingrejo, Selasa (7/2/2023).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: