Dewi Handajani Hadiri Tingkeban Massal Memperingati Satu Abad NU

Dewi Handajani Hadiri Tingkeban Massal Memperingati Satu Abad NU

--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati  Dewi Handajani menghadiri tingkeban massal ibu-ibu hamil, yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tanggamus Dalam Rangka Memperingati Satu Abad Nahdlatul Ulama 16 Rajab 1344 H - 16 Rajab 1444 H. 

Kegiatan yang bertema "Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Bangsa" itu dilaksanakan di Aula Global Nusantara PCNU Gisting Permai Kecamatan Gisting. 

Turut hadir Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM, Syafii, Ketua TP-PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafii, Ketua GOW/DEKRANASDA Tanggamus Nuraini Hamid Lubis, Rois Surya PCNU Tanggamus KH Marjuki Amin, Wakil Rois Surya PCNU KH Ahmad Fadoli, Ketua PCNU Samsul Hadi Harun, Ketua Jatman KH Ahmad Mahfud, KH Ma'mur Ependi, KH Faizal Muzairi,  Kiyai Yazid Ruslan, Kiyai Miftahus surur,  Kiyai Tabrazi, Kiyai Hendra, Camat Gisting Purwanti, Para pengurus cabang NU dan seluruh peserta NU serta masyarakat setempat.

BACA JUGA:Tim SAR BPBD Dikerahkan Lakukan Pencarian Warga Padangcahya yang Dilaporkan Hilang

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya menjelaskan, Tingkeban adalah tradisi selamatan yang dilaksanakan pada usia kehamilan tujuh bulan.

Biasanya kalau di kampung-kampung, salah satu ritual yang dilakukan dalam tingkeban adalah memecahkan cengkir (kelapa muda).

Menurut Dewi, kehamilan adalah momen kebahagiaan dan kegembiraan, karena sebentar lagi sosok yang tercinta akan segera hadir 

BACA JUGA:Bupati Lampura Sampaikan Santunan untuk Keluarga Ilham Maulana

"Ibu hamil membutuhkan gaya hidup sehat agar sang calon bayi mendapatkan kesempurnaan fisik. Jagalah emosi ibu-ibu dan penuhi asupan makanan yang baik, karena keadaan bayi didalam kandungan tergantung dari kesehatan emosi dan fisik Ibu-ibu," kata Dewi.

Tingkeban massal ini, lanjutnya, merupakan wujud berbagi kebahagiaan pada ibu hamil yang ada disini. 

Tradisi Tingkeban atau Mitonan dilakukan dengan tujuan mendoakan bayi yang dikandung agar terlahir dengan normal, lancar, sehat dan dijauhkan dari berbagai kekurangan dan bahaya.   

BACA JUGA:Personil Polsek Pesut Urai Kemacetan di Ruas Jalinbar

"Kita akan selalu berikan doa yang terbaik bagi calon-calon generasi penerus bangsa ini," ujar Dewi. 

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya warga NU yang selama ini telah mendukung pembangunan daerah dengan telah menjaga suasana yang sejuk dan kondusif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: