131 Randis Milik Pemkab Lambar Dihibahkan ke Pekon

131 Randis Milik Pemkab Lambar Dihibahkan ke Pekon

Kabid Barang Milik Daerah BPKD Lambar Budi Rahayu --

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDPemkab Lambar telah menghibahkan sebanyak 131 kendaraan dinas (Randis) roda dua (R2) yang selama ini dipinjam pakai oleh peratin menjadi aset pemerintah pekon.

“Sebanyak 131 kendaraan dinas yang dipakai oleh peratin tersebut telah dihibahkan pemerintah daerah kepada pekon pada tahun 2022 lalu,” kata Kabid Barang Milik Daerah Budi Rahayu mendampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Lambar Okmal.

BACA JUGA:41 Koperasi di Lambar Gelar RAT

Alasan Pemkab Lambar menghibahkan Randis tersebut ke pekon, lanjut Budi, dikarenakan kendaraan tersebut diperlukan oleh aparat pekon dan dalam rangka melaksanakan Peraturan Perundang-Undangan yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.19/2016, bahwa pemerintah daerah dapat memberikan hibah ke instansi lain termasuk pemerintah desa atau pekon. 

Selain itu, kata dia, Randis yang selama ini dipinjam pakai oleh aparat pekon itu banyak yang menunggak pajak dan mempermudah pemeliharaan.

BACA JUGA:Bersumber dari DAK Fisik, Pemkab Lambar akan Bangun PLUT

“Pelaksanaan hibah aset Pemkab berupa kendaraan dinas roda dua kepada pemerintah pekon itu dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Selain menjadi tanggungjawab untuk dirawat, pemerintah pekon juga bertanggungjawab untuk melaksanakan kewajiban dalam membayar pajak kendaraan dinas tersebut,” tegasnya.

Lanjut dia, selama ini Randis tersebut merupakan aset Pemkab Lambar namun dengan telah dihibahkannya 131 kendaraan dinas roda dua itu menjadi aset pekon maka perawatan dan pembayaran pajak kedepan akan menjadi tanggungjawab pemerintah pekon.

BACA JUGA:Hearing dengan DPRD Bandar Lampung, Pihak Angel's Wings Akui Salah dan akan Urus Perizinan

“Kalau platnya masih plat merah dan kendaraan tersebut saat ini telah tercatat sebagai aset pekon,” tegasnya seraya menambahkan, untuk Randis di Kelurahan sampai saat ini masih tercatat sebagai aset Pemkab Lambar.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: