DPMP Pesbar Minta Pekon Segera Susun APBDes 2023

DPMP Pesbar Minta Pekon Segera Susun APBDes 2023

Ilustrasi-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Pekon (DPMP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), minta seluruh pekon segera menyusun anggaran dan pendapatan belanja desa (APBDes) tahun 2023.

Kabid Kelembagaan dan Pemerintah Pekon, Nora Elisa, S.Pd., mendampingi Plt. Kadis PMP Pesbar, Imam Habibudin, mengatakan hingga kini pihaknya belum mengetahui berapa jumlah pekon yang telah selesai menyusun APBDes tahun 2023.

“Kita sudah berkoordinasi dengan seluruh kecamatan. Dari koordinasi itu kita belum mengetahui jumlah pekon yang telah menyelesaikan APBDes, tapi sebagian besar pekon belum selesai menyusun dokumen tersebut,” kata dia.

BACA JUGA:Daftar Ketua KONI, Gubernur Arinal : Bukan Saya Yang Minta

BACA JUGA:Rampas HP Pemancing, Salah Satu Pelaku Ditangkap di Pusat Perbelanjaan

Dijelaskannya, keberadaan APBDes pekon itu sangat penting karena merupakan dasar pekon dalam melaksanakan kegiatan melalui anggaran DD tahun 2023, sementara kegiatan yang dilaksanakan harus mengacu APBDes tersebut.

“Penyusunan APBDes oleh pekon sangat diperlukan, karena apa yang dituangkan dalam APBDes itu yang harus dilaksanakan oleh pekon melalui anggaran DD tahun 2023,” jelasnya.

Selain itu, APBDes juga merupakan salah satu syarat yang wajib dilampirkan saat menyampaikan usulan pencairan anggaran DD. Karena itu penyusunan APBDes harus segera diselesaikan.

BACA JUGA:Pimpin Musrenbang di Suoh-BNS, Nukman: Infrastruktur Terus Menjadi Perhatian

BACA JUGA:Tuntut CSR, Warga Kampung Tanjung Dalom Portal Jalan ke PT PLP

“Saat ini memang belum ada informasi terkait kapan pelaksanaan penyaluran anggaran DD tahap satu tahun 2023. Namun, kita meminta pekon agar segera menyelesaikan penyusunan APBDes,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya telah menyampaikan pagu DD masing-masing pekon. Hal itu sebagai gambaran dalam menetapkan kegiatan yang akan dituangkan dalam APBDes.

“Kita berharap dalam waktu dekat ini semua sudah selesai, sehingga saat ada informasi penyaluran DD dari pusat semua pekon sudah siap,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: