Tiga Hektar Sawah di Sumur Jaya Diserang Hama Kresek

Tiga Hektar Sawah di Sumur Jaya Diserang Hama Kresek

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDHama kresek menyerang areal persawahan di Pekon Sumur Jaya, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Sudirman salah seorang petani setempat mengatakan sekitar tiga hektar areal persawahan di pekon tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah akibat serangan hama. 

Bahkan lebih dari luasan areal persawahan yang terserang hama kresek.

“Luas sawah yang terserang hama cukup luas, yang sudah parah mencapai tiga hektar, seperti yang terjadi di Ham Belalau, Pemangku Hanura, Pekon Sumur Jaya, Kecamatan Pesisir Selatan ini,” kata dia.

BACA JUGA:Badan Legislasi DPR RI Sosialisasi 39 RUU, Upaya Maksimalkan Pemanfaatan SDA di Lampung

Dijelaskannya, umur padi yang terserang hama kresek itu baru 1,5 bulan, kini para petani sedang menunggu waktu bulir padi muncul. 

Pihaknya berharap ada penanganan segera dari Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian (DKPP) agar areal persawahan itu tidak mengalami gagal panen.

“Kami berharap petugas dari Dinas KPP bisa turun langsung kelapangan untuk melihat kondisi tanaman padi yang diserang hama kresek ini dan dilakukan pencegahan agar tidak meluas ke areal persawahan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan, Yunirizal Efendi, S.P., mengatakan pihaknya belum menerima laporan terkait serangan hama tersebut.

BACA JUGA:Anak Tetangga Dicabuli Dua Kali, Terungkap Korban Sakit Perut

Namun pihaknya akan langsung melakukan koordinasi dengan petugas penyuluh lapangan (PPL).

“Serangan hama tersebut nantinya akan direspon langsung oleh petugas pengendali organisme pengganggu tanaman (POPT), karena seluruh wilayah sudah ada petugas POPT yang bertanggung jawab untuk mengendalikan hama pada tanaman padi itu,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: