Segera Diresmikan, BTS 4G di Wilayah Terisolir Sudah On Air

Segera Diresmikan, BTS 4G di Wilayah Terisolir Sudah On Air

Ilustrasi tower BTS-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pembangunan empat unit Base Transceiver Station (BTS) atau menara seluler tambahan di wilayah terisolir yakni Pekon Bandar Dalam, Siring Gading, Way Tiyas, dan Way Haru, di Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), yang dibangun oleh pihak ketiga melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), tahun 2022 lalu itu kini sudah selesai dan sudah Ona Air (aktif).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Pesbar, Suryadi, S.I.P, M.M., mengaku, penambahan pembangunan empat unit BTS dengan jaringan 4G di wilayah terisolir itu kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat setempat. 

Dalam waktu dekat ini Pemkab Pesbar juga berencana akan melakukan peresmian BTS di wilayah terisolir itu.

“Kalau tidak ada perubahan, rencananya akan diresmikan pada 17 Januari 2023 mendatang. Yang pasti sejak akhir Desember 2022 lalu empat unit BTS tambahan dengan jaringan 4G itu sudah On Air hingga kini,” kata Suryadi, Senin (9/1).

BACA JUGA:Terparkir di Samping Rumah, 2 Motor Warga Batuapi Digasak Maling

Dijelaskannya, empat unit BTS itu merupakan tambahan dari Kemenkominfo, setelah sebelumnya di wilayah terisolir itu juga pernah mendapat tiga unit BTS. 

Sehingga saat ini ada tujuh BTS di wilayah terisolir yang telah berfungsi. Mudah-mudahan semua BTS yang telah beroperasi itu dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk berkomunikasi maupun pelayanan jaringan internet.

“Selama ini masyarakat masih kesulitan dalam mendapatkan jaringan telekomunikasi, termasuk jaringan internet,” jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, dengan adanya tambahan BTS yang telah selesai dibangun itu tidak ada lagi wilayah pemukiman warga di empat Pekon terisolir tersebut yang mengalami blank spot. 

BACA JUGA:Meresahkan ! Aksi Curanmor Dilakukan di Siang Bolong, Satu Motor Kawasaki Ninja Raib

Sehingga kedepan diharapkan dapat membawa perubahan maupun kemajuan di segala bidang setelah adanya akses jaringan telekomunikasi dan juga internet yang masuk di wilayah terpencil di Pesbar ini.

“Salah satunya BTS yang melayani jaringan 4G itu untuk akses internet. Sedangkan, untuk jarak sinyal jaringan dari BTS itu dengan jangkauan kurang dari satu kilometer, dengan menggunakan jaringan XL Axiata,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: