Gubernur Arinal Resmikan Ruas Jalan dan Pedestrian Ryacudu

Gubernur Arinal Resmikan Ruas Jalan dan Pedestrian Ryacudu

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan jalan dan pedestrian (trotoar) milik provinsi yakni Mayjend H.M Ryacudu yang berada di Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Kamis (5/1/2023).

Dalam sambutan, Gubernur Arinal meminta kepada semua pihak untuk melakukan perawatan terhadap jalan Ryacudu serta tidak memperbolehkan masyarakat setempat untuk berjualan diatas trotoar.

"Ketika sudah dibangun trotoar yang bagus maka jangan digunakan untuk berjualan, karena trotoar gunanya untuk pejalan kaki," ungkapnya. 

"Jalan ini milik kita bersama sehingga harus dijaga dan dirawat bersama," sambungnya. 

BACA JUGA:Catat..!!! Fingerprint Akan Pengaruhi TPP Tahun 2023

Lanjutnya, tersedianya infrastruktur yang memadai yang dapat menghubungkan banyak daerah, maka hal tersebut ikut serta dalam mengendalikan kelancaran barang dan jasa yang dapat membantu pada pengendalian inflasi.

"Jalan Ryacudu ini adalah wajahnya Provinsi Lampung, dengan dibangunnya jalan ini maka akses menuju pintu tol jadi lebih mudah. Selain itu juga aktivitas ekonomi baru terus tumbuh dan ini akan mendukung ekonomi daerah," jelasnya. 

Ia merinci, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan penanganan jalan Mayjen Ryacudu sepanjang 3,315 kilometer hingga menuju ke arah Gerbang Tol Kota Baru yang terdiri atas dua jalur dan trotoar.

Perbaikan jalan tersebut dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Dimana pada tahun 2019 jalan yang dilakukan perbaikan sepanjang 3 kilometer, tahun 2020 sepanjang 2,85 kilometer dan pelebaran 1,6 kilometer.

BACA JUGA:DPC PJS Pohuwato Resmi Terdaftar di Kesbangpol

"Untuk pembangunan drainase tahun 2022 sepanjang 1,62 kilometer dan tahun 2023 telah dialokasikan anggaran lanjutan drainase sepanjang 3,315 kilometer. Kemudian perbaikan di terusan Jalan Ryacudu sepanjang 2,5 kilometer," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana mengungkapkan, total anggaran yang telah dialokasikan untuk perbaikan jalan Ryacudu senilai Rp87,96 miliar.

Dana tersebut diantaranya dialokasikan pada tahun 2019 senilai Rp11,4 miliar, tahun 2020 Rp22,07 miliar dan Rp9,86 miliar, tahun 2021 Rp18,56 miliar dan tahun 2022 Rp16,10 miliar kemudian di APBD Perubahan senilai Rp9,97 miliar.

"Kita akan terus lakukan pemeliharaan dan berkoordinasi dengan instansi terkait serta pemerintah Kota Bandar Lampung untuk terus melakukan perawatan. Sehingga fungsi jalan sebagai konektivitas wilayah dan pertumbuhan ekonomi baru bisa kita wujudkan," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: