Puskesmas Diminta Gerak Cepat Lakukan Penanggulangan DBD

Puskesmas Diminta Gerak Cepat Lakukan Penanggulangan DBD

Ilustrasi--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Masyarakat Pekon Penengahan, Kecamatan Karyapenggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), meminta Puskesmas di kecamatan setempat bergerak cepat dalam melakukan upaya pencegahan penularan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menyerang masyarakat di pekon setempat.

Peratin Penengahan, Miftah Farid, mengatakan terdapat lima orang warga di pekon setempat yang terjangkit DBD, hingga kini sudah ada upaya dari Puskesmas, tapi dinilai belum maksimal.

“Upaya dari Puskesmas sudah ada seperti menaburkan serbuk abate, dan mengajak masyarakat untuk melakukan bersih-bersih lingkungan rumah, tapi upaya itu kami nilai belum maksimal karena paling tidak dilakukan pengasapan atau fogging untuk memberantas DBD itu,” kata dia.

Dijelaskannya, hingga kini terdapat lima warga di pekon setempat yang terjangkit wabah DBD itu, dari lima warga tersebut empat orang sudah dinyatakan sehat dan satu orang masih menjalani perawatan di Puskesmas.

BACA JUGA:2023, DAK Fisik di Pesbar Turun-DAK non Fisik Naik

“Ada lima warga yang terjangkit DBD dan menjalani perawatan di Puskesmas, empat orang sudah diperbolehkan pulang dan satu lagi masih menjalani perawatan karena belum sembuh,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya telah mengajukan ke Puskesmas agar dilakukan fogging di wilayah pekon setempat, namun hingga kini pengajuan yang disampaikan belum direalisasikan oleh Puskesmas Karyapenggawa.

“Usulan agar segera dilakukan fogging atau pengasapan lingkungan rumah warga sudah kita sampaikan, tapi kita tidak tahu sampai sekarang belum dilakukan oleh pihak Puskesmas,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Karyapenggawa dr. Yusuf Firmansyah., saat di konfirmasi ke nomor 08127963xxxx tidak memberikan respon baik di hubungi melalui sambungan telepon maupun melalui pesan singkat Whatsapp meski kondisi handphone dalam kondisi aktif.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: