DPMP Lambar Imbau Seluruh Pekon Salurkan BLT-DD Triwulan IV

DPMP Lambar Imbau Seluruh Pekon Salurkan BLT-DD Triwulan IV

Kabid Pemerintahan Pekon DPMP Lambar Fauzan Ariadi, S.E, M.M--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Camat di Kabupaten Lambar diimbau untuk segera memerintahkan peratin di wilayah kerjanya masing masing yang belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IV bulan Oktober, November, dan Desember tahun 2022 untuk segera disalurkan. 

“Kita sudah mengirimkan surat kepada seluruh camat di Lampung Barat untuk memerintahkan peratin di wilayah kerjanya agar segera menyalurkan BLT-DD tahap IV kepada KPM paling lambat tanggal 25 Desember dan segera menyampaikan laporan penyaluran BLT-DD triwulan IV kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon,” kata Kabid Pemerintahan Pekon Fauzan Ariadi mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Syaekhuddin, Jumat (23/12/2022).

Menurut dia, sesuai Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN tahun anggaran 2022, dana desa ditentukan penggunaannya untuk program perlindungan sosial berupa BLT desa paling sedikit 40%, program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%, dukungan pendanaan penanganan Covid-19 paling sedikit 8%, dan program sektor prioritas lainnya. Persentase penggunaan tersebut dihitung dari alokasi dana desa setiap desa. 

“Untuk tahun ini peruntukan dana desa paling sedikit dialokasikan 40 persen untuk BLT-DD, sementara untuk tahun 2023 mendatang maksimal 25 persen,” kata dia.

BACA JUGA:Cabuli Balita, Pria Ini Tak Berkutik Saat Diciduk Polisi

Seraya menambahkan, pemerintah pusat tahun ini telah menyalurkan dana BLT-DD sebesar Rp47,239 miliar lebih untuk Kabupaten Lambar.  

“Kita menghimbau kepada pekon untuk menyalurkan BLT-DD untuk triwulan IV, mengingat dananya telah dialokasikan oleh pemerintah pusat,” ujar dia.

Kata dia, jumlah KPM BLT-DD setiap pekon tidak sama,  karena disesuaikan dengan hasil musyawarah desa khusus (Musdessus) di tingkat pekon. 

“Setiap KPM menerima BLT-DD Rp300.000/bulan. Kita berharap semoga BLT-DD bermanfaat bagi masyarakat penerima,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: