Lewat FASKA 2022, LDII Pringsewu Bangun Karakter Generasi Muda Profesional Religius

Lewat FASKA 2022, LDII Pringsewu Bangun Karakter Generasi Muda Profesional Religius

Pembukaan FASKA dan baksos PC LDII ZONA 1 kecamatan Pringsewu dan Gadingrejo, di komplek Masjid Tawakal Pekon Tegalsari Kecamatan Gadingrejo, Senin 19 Desember 2022.--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Pringsewu, menggelar Festival Anak Soleh Pramuka (FASKA) tahun 2022 PC LDII ZONA 1 Kecamatan Pringsewu dan Gadingrejo, di komplek Masjid Tawakal Pekon Tegalsari Kecamatan Gadingrejo, Senin 19 Desember 2022. 

Festival yang bertema “Membangun Generasi Muda yang Terampil, Mandiri, dan Qurani untuk meraih Ridho Ilahi” tersebut, menurut ketua DPD LDII Pringsewu Dian Arif Rahman, bertujuan mendorong terciptanya generasi penerus yang aktif, kreatif, berilmu agama dan ilmu dunia, berakhlakul karimah dan mandiri. 

Kemudian mengimplementasikan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bermasyarakat. Melakukan assessment terhadap kompetensi siswa selama mengikuti pembelajaran di TPA binaan LDII. 

"Membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang saat ini sedang mendapat cobaan kesulitan ekonomi dan bencana alam semata-mata untuk meraih ridho ilahi," terang Dian Arif Rahman.

BACA JUGA:Warga Pekon Puramekar Buka Badan Jalan Menuju TPU Sidorejo

Adapun jenis kegiatan yang digelar yakni Lomba-lomba kompetensi dan keterampilan bidang keagamaan yaitu lomba MTQ, Tafsir Qur'an, Tartil Qur'an, Tahfidz Qur'an, Kaligrafi, Adzan dan iqomah. 

Ada juga Bakti sosial pembagian tali asih berupa paket sembako. Menggalang dana melalui Giat Bumbung Kemanusian Bencana Alam Cianjur. Dengan peserta Siaga 75 orang, Penggalang sebanyak 80 orang. 

Pada kesempatan itu juga disampaikan bahwa komitmen LDII dalam membina generasi penerus, selain kegiatan kepramukaan, Pelatihan kemandirian dan kewirausahaan, juga dalam kegiatan olah raga bela diri Pencak silat dan sepak bola. 

"Alhamdulillah pada event PORPROV, salah satu penyumbang medali emas atlet Pencak silat Kabupaten Pringsewu, berasal dari generasi penerus binaan LDII. Jadi komitmen LDII bukan hanya membekali generasi mudanya dengan ilmu agama, melainkan juga keterampilan guna membekali kemandirian. Dalam membekali generasi mudanya tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, LDII memiliki wadah kegiatan CAI (CINTA ALAM INDONESIA)," terangnya seraya berterima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekhilafan dan ketidaksempurnaan dalam sambutan ini.

BACA JUGA:DPRD Pringsewu Gelar Paripurna Usulan Pergantian Wakil Ketua I

Hadir pada kesempatan itu Uspika, ketua Sakoda Lampung gerakan Pramuka sekawan persada Nusantara Drs. H. Heri Sensustadi dan ketua Kwarran Gadingrejo Mustolaq, yang mengapresiasi kegiatan ini.

"Harapannya sakocab (satuan komunitas cabang) Pringsewu bisa berkontribusi dan bersinergi terhadap kwaran Gadingrejo," ungkapnya. 

Sedangkan ketua fraksi PDIP Aris Iswahyudi, ST yang juga hadir memberikan bantuan kitab suci Alquran kepada peserta lomba.

Untuk di ketahui di dalam UU No 10 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, Satuan Komunitas Pramuka adalah satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan yang berbasis, antara lain profesi, aspirasi, dan agama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: