Ini Profil dan Jejak Karir Pj Bupati Lampung Barat Nukman

Ini Profil dan Jejak Karir Pj Bupati Lampung Barat Nukman

Pj Bupati Lambar, Drs. Nukman, MM--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan pangkat golongan Pembina Utama Madya/IV/d, Drs. Hi. Nukman, MM., menjadi satu dari tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Lampung Barat, ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Penjabat Bupati (Pj).

Dari tiga nama yang diusulkan tersebut, Nukman ditetapkan Mendagri sebagai Pj Bupati Lampung Barat melalui keputusan nomor 100/2.1.3-6269 tahun 2022, tentang pengangkatan Pj bupati Lampung Barat.

Selanjutnya, Nukman dilantik bersama dengan Pj Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan, MM., bertempat di lantai III Balai Keratun, Komplek Perkantoran Gubernur Lampung oleh Wakil Gubernur Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D., Minggu (18/12/2022).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Nukman merupakan pria kelahiran Pekon Muarajaya, Kecamatan Kebuntebu 15 Desember 1968 tersebut, menyelesaikan pendidikan terakhirnya Strata Dua (S2) di Universitas Kejuangan 45 Jakarta tahun 2009.

BACA JUGA:Dilantik Wagub, Nukman dan Qudrotul Resmi Jadi Pj Bupati Lambar dan Tuba

Sebelum itu Nukman juga sempat menempuh S1 di STKIP PGRI Bandar Lampung tahun 1993, Sekolah pendidikan Guru Sekolah Dasar (SPG-SD) di SPG 1 Tanjungkarang tahun 1997. 

Sementara untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Nukman bersekolah di SMPN 2 Tanjung Karang pada tahun 1984, dan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) Nukman menempuh pendidikan di SDN 1 Sumberjaya.

Untuk riwayat kepangkatan, sebagai ASN penata muda (III/a) pada 1 Desember 1995, Penata Muda Tingkat. I (III/b) 1 Oktober 1998, Penata (III/c) 1 Oktober 2002, Penata Tingkat I (III/d) pada 1 April 2003, Pembina IV/a) 1 April 2015, Pembina Tingkat I (IV/b) 1 April 2009, Pembina Utama Muda (IV/c) 1 April 2013, kemudian Pembina Utama Madya (IV/d) pada 1 Oktober 2022.

Lalu, untuk riwayat jabatan Nukman sempat menjabat sebagai Kabag Tata Usaha (TU) pada Dinas Pendidikan Lampung Barat, kemudian pada 7 Januari 2008 dipercaya menjabat sebagai Kepala Kantor PTSP Lampung Barat, menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Lampung Barat pada 18 Februari 2008, sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Lampung Barat pada 3 Januari 2017 (Terjadi perubahan nomenklatur).

BACA JUGA:Ini Harapan Petani Pringsewu ke Gubernur Soal Pemanfaatan Air Way Sekampung

Tidak hanya sampai disitu, Nukman dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Lampung Barat pada 16 Mei 2017, kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia pada 8 Januari 2019, lalu menjabat sebagai Inspektur Lampung barat pada 17 Januari 2020, sempat juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata pada 28 Februari 2022, hanya hitungan bulan pada 12 Juli 2022 Nukman dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Daerah hingga saat ini. 

Putra dari pasangan Mansur dan Nurhaya tersebut, memiliki seorang istri bernama Dra. Zelda Naturi, MM., memiliki tiga orang anak yakni Shella Silvia Amanda, Mochammad Andre Yolanda dan Ahmad Dysta Al Holqi. Nukman sendiri merupakan anak kedua dari lima bersaudara atau memiliki empat orang adik yakni Ir. Irsal, Yasir Hamidi, Lilis Masitoh dan Meiri Heindriyanti.

Nukman sendiri memiliki pengalaman di bidang organisasi, bahkan saat ini ia juga dipercaya memimpin dua organisasi yang cukup besar, yakni sebagai Ketua Kwartir Cabang Pramuka Lampung barat sejak 2008 hingga sekarang, dan menjabat sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila Lampung Barat yang juga dari tahun 2008 hingga sekarang.

Pada prosesi pelantikannya bersama Pj Bupati Tuba di lantai III Gedung Balai Keratun lingkungan kantor Gubernur Lampung, Minggu (18/12/2022). Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim meminta kepada Pj Bupati yang dilantik untuk segera menyesuaikan diri dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga tata kelola pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: