Ini Harapan Petani Pringsewu ke Gubernur Soal Pemanfaatan Air Way Sekampung

Ini Harapan Petani Pringsewu ke Gubernur Soal Pemanfaatan Air Way Sekampung

Soal pemanfaatan air sungai Way Sekampung untuk mengairi lahan pertanian di Pringsewu menjadi perhatian Gubernur Lampung Arinal Junaidi saat kunjungan ke kabupaten tersebut beberapa hari lalu - Foto Agus--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Warga Pringsewu sangat berharap usaha Gubernur Lampung Arinal Junaidi agar warga Pringsewu dapat menikmati aliran Way Sekampung untuk lahan pertanian dapat terwujud.

"Saya pernah usul dalam proses sosialisasi pembangunan waduk Way Sekampung .. Pada saat itu di balai desa bumi ratu. Bila waduk sudah di bangun dan ternyata kita tidak dapat air untuk pertanian saya usul untuk program pompanisasi," ungkap Pengurus serikat petani Indonesia Mukhlasin. 

Menurutnya sumber airnya diambil dari waduk. "Pada saat itu dijanjikan untuk memasukan program pompanisasi," terang pria yang akrab disapa Mbah itu. 

Dikatakannya petani di Kabupaten Pringsewu sangat berharap agar air Way Sekampung dapat dinikmati oleh petani yang selama ini kerap mengalami krisis air untuk lahan pertanian. 

BACA JUGA:Beda dari Sang Ayah, Si Cantik Ini Yakin Argentina Juara

Harapan yang sama di katakan Bambang. Dimana wilayah sekitaran waduk mendapat bagian air untuk irigasi persawahan yang kritis Air. 

Semisal di pekon Lugusari 25 ha, Pagelaran 25 ha, Pasir ukir 60 ha, Pamenang 50 ha Bumiratu dan Bumirejo 80 ha. "Jangan jadi pepatah Ayam mati di lumbung padi," ungkapnya. 

Dimana ada 5 pekon sebagai tempat kantong air dalam bentuk bendungan ber ratus juta liter tapi malah 1 liter pun tak kebagian. "Kami berharap hal ini dapat terwujud," ujarnya. 

Gubernur Lampung Arinal Junaidi juga memberikan perhatian serius agar petani di Kabupaten Pringsewu juga dapat menikmati air dari Way Sekampung untuk lahan pertanian. 

BACA JUGA:Polres Way Kanan Amankan DPO Pelaku Pencurian Mobil Pick UP

"Bupati dan anggota dewan ikut mengusahakan agar Pringsewu mendapat sumber air irigasi," harapnya saat meresmikan Tiga kabupaten sebagai Sentra Industri Kerajinan 

Tapis dan Desa Wisata Kampung Tapis di Provinsi Lampung yang kegiatannya dipusatkan di komplek ledeng pendem pekon Lugusari Kabupaten Pringsewu. 

Dikatakannya ada dua bendungan yakni Batu Tegi dan Way Sekampung tapi tak ada yang untuk Pringsewu (pengairan pertanian-red). 

Dikatakannya pihak sudah mengusulkan ke kementrian PU agar harapan agar Pringsewu mendapat sumber air untuk irigasi dari Way Sekampung dapat terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: