Tanah Longsor Sempat Tutup Jalinbar di Lemong

Tanah Longsor Sempat Tutup Jalinbar di Lemong

Foto Dok--

Medialampung.co.id - Tanah longsor terjadi di ruas jalan lintas barat (Jalinbar) menuju perbatasan Lampung-Bengkulu, tepatnya di Pekon Bambang Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) pada Rabu (14/12) malam sekira pukul 23.00 Wib.

 

Kapolsek Pesisir Utara AKP. Heri Oktarino., mendampingi Kapolres Lambar AKB. Heri Sugeng Priyantho, S. Ik., mengatakan tanah longsor tersebut terjadi akibat hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah tersebut pada Rabu malam.

 

"Tanah longsor itu sempat menutup badan jalan sehingga menyebabkan kemacetan hingga material tanah longsor berupa tanah dan kayu itu berhasil dibersihkan untuk membuka badan jalan agar bisa dilalui kendaraan," kata dia.

 

Dijelaskannya, dalam melakukan pembersihan petugas personil Polsek Pesisir Utara bersama warga sekitar hanya memanfaatkan alat seadanya dengan menggunakan golok dan cangkul. Berselang tiga jam badan jalan kembali terbuka dan kendaraan bisa melintas.

 

"Karena hanya menggunakan peralatan darurat, pembersihan tanah longsor itu berlangsung lama, karena badan jalan berhasil di buka sekira pukul 02.00 Wib pada Kamis (15/12) atau tiga jam setelah kejadian," jelasnya.

 

Menurutnya, dibutuhkan alat berat untuk membersihkan tanah longsor itu, sehingga badan jalan benar-benar terbuka dan arus lalulintas kembali normal. Rencananya hari ini akan dilakukan pembersihan dengan alat berat tersebut.

 

" Adanya kejadian tersebut, kami mengimbau agar pengguna jalan dan masyarakat lebih waspada bencana alam yang bisa terjadi di sepanjang jalan nasional tersebut," pungkasnya. (yogi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: