Jaga Kestabilan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru, Pemprov Lampung Gelar Operasi Pasar

Jaga Kestabilan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru, Pemprov Lampung Gelar Operasi Pasar

Ilustrasi sembako-pixabay@EmAji-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung minggu depan akan menggelar operasi pasar (OP) guna menstabilkan harga kebutuhan pokok. 

Kepada Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Lampung, M. Zimmi Skil mengatakan rencananya kegiatan OP tersebut akan digelar pada Rabu (28/12) di stadion PKOR, Wayhalim, Bandarlampung dengan menyiapkan 3 ribu kilogram setiap komoditas bahan pokok

"Kami setiap hari mengawasi harga kebutuhan pokok di pasaran. Seperti kita ketahui menjelang nataru ini ada kenaikan harga karena memang permintaan juga meningkat. Jadi pada 28 Desember nanti kita akan gelar operasi pasar di PKOR Way Halim," ungkapnya, Rabu (14/12).

Lanjutnya, ada beberapa komoditas yang saat ini mengalami kenaikan seperti telur ayam ras mencapai Rp28 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp15 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp35 ribu per kilogram dan bawang merah Rp35 ribu per kilogramnya.

BACA JUGA:Bank Indonesia Laksanakan PSBI di Pulau Pisang

"Untuk komoditas apa saja yang akan kita ikutkan dalam operasi pasar kita tunggu perkembangan kedepan. Namun yang saat ini naik pasti kita ikutkan dan stok nya sendiri masing-masing kita siapkan 3 ribu kilogram. Untuk minyak goreng 3 ribu liter," terangnya. 

Ia mengatakan OP tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah Provinsi Lampung dalam menekan harga kebutuhan pokok serta upaya dalam pengendalian inflasi pangan yang saat ini angkanya cukup besar.

"Jadi nanti akan ada subsidi yang disiapkan oleh pemerintah. Seperti misalnya bawang merah sekarang di pasar Rp35 ribu per kilogram dan dari distributor Rp31 ribu. Nantinya akan kita subsidi dan dijual dengan harga Rp28 ribu per kilogram," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: