Pemkot Bandar Lampung Tambah 2 Puskesmas Rawat Inap

Pemkot Bandar Lampung Tambah 2 Puskesmas Rawat Inap

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkot Bandar Lampung menambah dua puskesmas rawat inap di Way Laga Panjang dan Kampung Sawah Tanjung Karang Timur.

Walikota Eva Dwiana mengatakan, sebelumnya Bandar Lampung hanya memiliki 13 puskesmas rawat inap, seperti Puskesmas Way Halim, Gedong Air, Sukarame, Satelit, Sukabumi, Kemiling, Simpur, Kota Karang, Kedaton, Panjang, Way Kandis, Sukaraja, dan Sukamaju.

“Kalau puskesmas kita ada 31 di seluruh Bandar Lampung, tapi untuk rawat inapnya yang kita tambah tahun ini 2, jadi sekarang total 15 puskesmas rawat inap,” terang dia, Selasa (13/12/2022). 

“Untuk pembangunan puskesmas yang lainnya nanti bertahap sedangkan puskesmas lainnya kan masih bagus-bagus, Insyaallah 2023 kita berencana membangun kembali 2 puskesmas rawat jalan menjadi rawat inap. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir puskesmas di wilayahnya belum menjadi rawat inap, jadi tidak perlu lagi jauh-jauh berobat," tuturnya.

BACA JUGA:Tekan Kenakalan Remaja, Binmas Polresta Bandar Lampung Beri Pembinaan dan Penyuluhan

Tak hanya itu, kata Eva, penambahan tenaga medis utama seperti dokter, perbaikan dan penambahan gedung pada puskesmas rawat inap sudah menjadi prioritas Pemkot Bandar Lampung untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis.

“Untuk itu masyarakatnya harus mendukung, dengan berobat kesini. Insyaallah gedung udah bagus cuma nanti kita tambah dokternya, dengan doa dari masyarakat mudah-mudahan Pemkot Bandar Lampung bisa membangun lagi tapi liat di (APBD) perubahan nanti,” sambungnya 

Eva Dwiana mengimbau masyarakat sebaiknya datang ke puskesmas setempat terlebih dahulu sebelum datang ke rumah sakit daerah atau swasta di Bandar Lampung, setelah itu bisa meminta rujukan dari puskesmas ke RS terdekat.

“Kan puskesmas kita sudah bagus nih, jadi gak usah susah lagi ke kota (RSUD A.Dadi Tjokrodipo), ke puskes saja. Baru kalau memang ada rujukan dari puskesmas ke rumah sakit baru ke kota,” katanya.

BACA JUGA:Kemensos Salurkan Bantuan Untuk Lansia di Pesbar

Walikota Eva Dwiana berharap nakes di seluruh Kota Bandar Lampung untuk mengedepankan keramahan kepada masyarakat. Karena setiap puskesmas harus melayani dengan senyuman dan menerima siapapun yang hendak berobat tidak boleh ada yang dibedakan.

“Nakesnya juga harus memberikan pelayanan terbaik. Karena dengan senyum Insya Allah yang sakit akan jadi sehat. Kalau kita pelayanan baik orang juga akan senang dengan kita,” tukasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: