DKPP Pesbar Pastikan Tidak Ada Penularan Rabies

DKPP Pesbar Pastikan Tidak Ada Penularan Rabies

Ilustrasi-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memastikan hingga kini tidak ada kasus penularan rabies meski terdapat sejumlah kasus gigitan hewan penular rabies (HPR) seperti anjing dan kucing.

Kabid Peternakan, Rahmat Nursan, mendampingi Kadis KPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan pihaknya menerima laporan terkait gigitan HPR terhadap masyarakat, tapi setelah dilakukan observasi terhadap HPR tidak ada tanda-tanda rabies.

“Selama ini meski ada kasus gigitan HPR yang menyerang masyarakat, tapi hasil pemeriksaan di Puskesmas tidak ada penularan rabies dari HPR,” kata dia.

Dijelaskannya, laporan ada kasus gigitan HPR itu biasanya dari Puskesmas, karena warga yang mengalami gigitan HPR akan datang langsung ke Puskesmas untuk menjalani pemeriksaan dan petugas Puskesmas akan memberikan vaksin anti rabies.

BACA JUGA:Ini Harapan PMania untuk PJ Bupati Lambar

“Kalau kita menerima laporan dari Puskesmas terkait ada gigitan HPR ke masyarakat, kita akan langsung turun kelapangan dan mengamankan HPR yang melakukan gigitan serta melakukan observasi HPR itu,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam memantau ada tidaknya kasus gigitan HPR, pihaknya rutin berkoordinasi dengan Puskesmas atau Dinas Kesehatan (Dinkes), bahkan Dinkes rutin melapor jika ada kasus gigitan HPR.

“Koordinasi dengan Dinkes dan Puskesmas sampai sekarang masih dilakukan, terutama dalam penanganan gigitan HPR yang terjadi dilingkungan masyarakat, agar bisa segera kita tindaklanjuti,” terangnya.

BACA JUGA:Pekon Muarabaru Tuntaskan Program Tahun 2022

Menurutnya, meski tidak ada kasus rabies yang ditularkan oleh HPR, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati jika bermain dengan HPR, terutama yang belum mendapatkan vaksin rabies.

“Selain itu, kita juga mengimbau masyarakat yang memiliki HPR seperti anjing, kucing dan kera agar dapat mengikuti vaksinasi rabies, bahkan petugas kesehatan hewan siap memberikan pelayanan ke masyarakat,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: