Pekon Muarabaru Tuntaskan Program Tahun 2022

Pekon Muarabaru Tuntaskan Program Tahun 2022

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Muarabaru, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berhasil menuntaskan program kegiatan Tahun Anggaran (TA), Jumat (9/12).

Dimana program akhir tahun yang telah dituntaskan tersebut pertama pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk periode Desember, yang mana bantuan tersebut di digulirkan sejak Januari dengan sasaran 84 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam penyaluran BLT-DD tersebut juga dibarengi dengan penyerahan bantuan mesin potong rumput kepada dua kelompok tani dan 12 ekor kambing untuk 2 kelompok tani serta pemberian alat pertanian sekaligus benih sayuran kepada dua Kelompok Wanita Tani (KWT). 

Pada penyerahan yang dilaksanakan di balai pekon tersebut, dihadiri langsung Camat Ernawati, S.E., Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua LHP dan jajaran, dan unsur terkait pekon lainnya.

BACA JUGA:Penyanyi Lagu Lampung 'Cak Culay Nabuy Nabuy' akan Gabung ke Nagaswara

Dalam sambutannya Ernawati memberikan apresiasi kepada aparatur Pekon Muarabaru, dengan telah menjalankan semua program pekon khususnya yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) sesuai dengan target dan sasaran.

Terkait itu, dengan menyisakan waktu sekitar 20 hari TA 2022 ini. Orang nomor wahid di Kecamatan Kebuntebu tersebut meminta agar pemerintahan Pekon Muarabaru dapat memanfaatkan untuk menatap program kerja Tahun 2023.

Begitu juga dengan warga, ia berpesan agar terus menjadi garda motivasi aparat pekon dalam menjalankan roda pemerintahan mewujudkan Pekon Muarabaru Hebat dan Sejahtera. 

Sementara dalam sambutan Peratin Sanan, bantuan yang digulirkan dari awal tahun seperti BLT-DD, maupun bantuan bidang peternakan, pertanian merupakan bantuan lunak. Namun diharapkan dapat dikembangkan masyarakat menjadi usaha tambahan dalam meningkatkan ekonomi keluarga. 

BACA JUGA:Hari Ini Hasil Donasi dari Warga Gedongair Diberangkatkan ke Cianjur

Pihaknya juga menyebutkan berdasarkan informasi 2023 nanti masih ada BLT-DD, untuk mendukung penghapusan kemiskinan ekstrim, merupakan amanat dari instruksi Presiden No.4/2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Titik pemberian BLT-DD tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem dan kepada keluarga miskin ekstrem berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku BLT-DD dialokasikan maksimal 25% dari total pagu Dana Desa setiap desa.

Dengan kriteria penerima  keluarga miskin yang berdomisili di desa bersangkutan, dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrim, Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, Keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia (Lansia) atau keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: