Belum Ada Penempatan Dokter Hewan di Pesbar

Belum Ada Penempatan Dokter Hewan di Pesbar

Ilustrasi dokter hewan--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih membutuhkan dokter hewan untuk melaksanakan pelayanan kesehatan hewan. 

Pasalnya hingga kini Kabupaten termuda di Provinsi Lampung itu sejak awal tahun 2022 lalu tidak memiliki dokter hewan. 

Kabid Peternakan, Rahmat Nursan, mendampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan berbagai upaya telah dilakukan agar ada penempatan dokter hewan di kabupaten setempat setelah di tinggal dua dokter hewan yang sempat bertugas di kabupaten tersebut.

“Sebelumnya ada dua dokter hewan yang bertugas di kabupaten ini, tapi keduanya sudah pindah tugas ke Metro dan Lampung Utara, jadi saat ini kita tidak punya dokter hewan,” kata dia.

BACA JUGA:DKPP Pesbar Input Data Alokasi Pupuk Subsidi 2023

Dijelaskannya, pihaknya telah mengajukan ke Pemerintah Provinsi Lampung agar ada penempatan dokter hewan di Kabupaten Pesbar, namun hingga kini belum ada dokter hewan yang ditugaskan di kabupaten setempat.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, agar ada pengajuan ke Kementerian Pertanian, tapi sampai sekarang belum ada realisasinya,” jelasnya.

Menurutnya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung hanya mengeluarkan surat penunjukan kepada satu dokter hewan untuk menjadi koordinator pelayanan kesehatan hewan di kabupaten setempat.

“Kami hanya menerima SK penunjukan satu orang dokter hewan yang bertugas di Provinsi Lampung untuk menjadi koordinator pelayanan kesehatan hewan, sedangkan untuk penetapan dokter hewan belum ada,” terangnya.

BACA JUGA:70 Persen Pendaftar Calon PPK di Pesbar Didominasi Wajah Lama

Ditambahkannya, keberadaan dokter hewan itu tidak bisa dianggap sebelah mata, karena dengan adanya dokter hewan pelayanan kesehatan hewan seperti pemeriksaan kesehatan hewan hingga pelaksanaan vaksinasi rabies dan penyakit mulut dan kuku bisa dilakukan dengan maksimal.

“Kami sangat berharap tahun depan ada penempatan dokter hewan agar pelayanan kesehatan hewan bisa berjalan maksimal,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: