70 Persen Pendaftar Calon PPK di Pesbar Didominasi Wajah Lama

70 Persen Pendaftar Calon PPK di Pesbar Didominasi Wajah Lama

ilustrasi--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hingga hari terakhir penutupan pendaftaran badan Adhoc untuk calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilu tahun 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Selasa (29/11) malam kemarin.

Tercatat 358 pendaftar telah mengirimkan berkas pendaftaran secara online melalui aplikasi Siakba (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc).

Anggota KPU Pesbar, Koordinator Divisi SDM, Parmas dan Sosialisasi Zairi Opani, mengatakan, sejak dibuka penerimaan pendaftaran calon anggota PPK pada 20 November 2022 lalu, hingga hari terakhir itu tercatat ada 358 pendaftar. 

Dari jumlah pendaftar itu belum dapat dipastikan apakah seluruhnya akan lolos dalam penelitian administrasi atau tidak. Karena hingga kini, KPU Pesbar masih melakukan penelitian administrasi calon anggota PPK itu hingga Kamis (1/12) guna memastikan kelengkapan administrasinya.

BACA JUGA:Ikuti Porprov Lampung Ke-IX, Wabup Lepas Kontingen Kabupaten Pesbar

“Kalau melihat dari data jumlah pendaftar calon anggota PPK pada Pemilu 2024 itu, kurang lebih ada sekitar 70 persen pendaftar masih didominasi oleh wajah lama, yang pada Pemilu lalu pernah menjadi anggota PPK, maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS),” katanya, Rabu (30/11).

Ditambahkannya, jika dalam penelitian administrasi itu ada yang tidak lengkap, maka pendaftar dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). 

Hasil dari penelitian berkas administrasi itu akan diumumkan melalui papan informasi di kantor KPU Pesbar dan website KPU maupun website Pemkab Pesbar pada tanggal 2 sampai 4 Desember 2022 mendatang.

“Karena, setelah pengumuman itu akan dilaksanakan tes tertulis yang dijadwalkan pada 5 Desember 2022,” jelasnya.

BACA JUGA:Link Nonton Live Streaming Polandia vs Argentina Grup C World Cup 2022

Masih kata dia, pelaksanaan tes tertulis itu menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) secara online itu akan dipusatkan di SMK Negeri 1 Pesisir Tengah. 

Karena itu, KPU Pesbar juga segera melakukan pengecekan persiapan  pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPK, baik pengecekan kelengkapan peralatan seperti komputer, jaringan internet, kondisi listrik, keamanan dan kenyamanan maupun lainnya.

“Sehingga saat pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPK tidak ada hambatan dan akan berjalan lancar, kondusif sesuai harapan bersama,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: