Over Target, PAD Pesbar Tahun 2023 Diproyeksikan Naik

Over Target, PAD Pesbar Tahun 2023 Diproyeksikan Naik

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Realisasi pendapatan daerah bersumber dari pajak hotel, restoran dan lainnya di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tahun anggaran 2022, rata-rata hingga kini telah over target. 

Dengan begitu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Pesbar pada tahun anggaran 2023 mendatang memproyeksikan sumber pendapatan daerah itu kembali naik dari tahun 2022.

Kabid Pajak Daerah Lainnya, Skorphie Herosa Dharmaputra, S.E, M.M., mendampingi Kepala Bapenda Pesbar, Drs.Gunawan, M.Si., mengatakan, secara keseluruhan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Pesbar tahun 2022 sebesar Rp12.119.400.830,-. 

Sedangkan, target pendapatan daerah yang bersumber dari pajak daerah seperti hotel, restoran dan lainnya itu hingga kini rata-rata tercatat sudah over target.

BACA JUGA:Pekon Gedungsurian Galang Dana Untuk Korban Gempa Cianjur

“Rata-rata sudah over target, karena memang masih ada beberapa data yang harus dilakukan perbaikan, akibat adanya kesalahan dalam penginputan data. Yang pasti sudah mencapai target,” katanya, Senin (28/11).

Dijelaskannya, seperti pada pajak hotel dari target Rp501 juta kini sudah terealisasi Rp538 juta lebih atau 107,50 persen. 

Kemudian, pajak rumah makan dari target Rp60 juta sudah terealisasi Rp67 juta lebih atau 112,73 persen, begitu juga dengan target dna realisasi dari sektor pajak lainnya rata-rata sudah mencapai target. 

Meski begitu, Bapenda Pesbar tentu akan terus berupaya untuk tetap meningkatkan potensi sumber pendapatan daerah yang ada di Kabupaten Pesbar ini.

BACA JUGA:Aplikasi Polri Super App Diluncurkan, Polres Lambar Mulai Sosialisasi

“Sehingga, tidak menutup kemungkinan pada tahun 2023 mendatang untuk target pajak daerah yang bersumber dari hotel dna rumah makan, serta pajak lainnya itu diproyeksikan akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Masih kata dia, tentu diproyeksikan target pajak daerah itu akan naik di tahun 2023 mendatang, terutama pada sektor pajak hotel dan restoran itu. Karena hingga akhir 2022 ini tercatat banyak yang mengalami over target. 

Sehingga potensi ini mudah-mudahan bisa terus ditingkatkan. Mengingat dengan potensi sumber pendapatan daerah yang meningkat itu jelas akan berdampak pada pembangunan di Kabupaten Pesbar ini.

“Kita juga berharap semua stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya  di Kabupaten Pesbar ini terus mendukung peningkatan pendapatan daerah itu,” pungkasnya.(yan/d1n)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: