BPBD Lampung Bekali Masyarakat Kemampuan Konseling Pasca Bencana

BPBD Lampung Bekali Masyarakat Kemampuan Konseling Pasca Bencana

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selain saat bencana, penanganan korban pasca bencana juga perlu mendapat perhatian. 

Sejumlah warga Pringsewu yang diwakili beberapa tokoh masyarakat dibekali kemampuan konseling pasca bencana.

Perwakilan masyarakat tersebut yakni Ismail (Tokoh Adat), Subagyo (Tokoh Masyarakat), Sudarman (Perwakilan Pemuda), A Purnomo (Perwakilan Pemuda) selama Tiga hari mendapat pembekalan konseling pasca bencana, yang dilakukan BPBD Provinsi Lampung dibuka kepala pelaksanaanya Rudi Sjawal Sugiarto.

"Pembekalan yang kami dapat sangat bermanfaat, apalagi kami melihat banyak anak-anak yang menjadi korban musibah dan bencana terabaikan," ungkap Sudarman perwakilan dari Kabupaten Pringsewu melalui pesan tertulis. 

BACA JUGA:PKN Dugaan Korupsi Dana Bimtek Berproses, Inspektorat Segera Lapor Progres

Mereka mendapatkan pembekalan baik materi maupun praktek dari Akademisi Politeknik Negeri Lampung, Praktisi Psikolog dan Konselor RS Jiwa Provinsi Lampung. 

Harapannya nantinya dapat membantu memberikan pelayanan dan Pendampingan Psikologi terhadap Korban Bencana Kelompok Rentan khususnya Anak, Penyandang Disabilitas dan Lansia.

Terlebih bila ada bencana yang terjadi di suatu tempat selalu meninggalkan efek traumatis bagi korbannya. Termasuk anak-anak, lansia dan kelompok rentan seperti penyandang disabilitas. 

Banyak hal dapat dilakukan untuk menangani trauma pasca bencana pada anak, lansia dan kelompok rentan lainnya salah satunya melalui terapi bermain (Play Therapy) yang disesuaikan dengan kebudayaan dan kearifan lokal setempat.(sag/mlo)

 

Sumber: