BLT-DD Layaknya Dongkrak Ekonomi Warga Tutupi Menurunnya Hasil Kopi

BLT-DD Layaknya Dongkrak Ekonomi Warga Tutupi Menurunnya Hasil Kopi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dedi, salah satu dari 82 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Pekon Rigisjaya, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyampaikan manfaat besar yang dirasakan keluarganya dari bantuan yang digulirkan sejak Januari tersebut. 

Selasa (23/11) Pemerintah Pekon Rigisjaya kembali salurkan BLT-DD dan kali ini yang dibagikan untuk periode Oktober dan November. 

Dari pantauan media ini di lokasi, dalam penyalurannya turut hadir Kepala Puskesmas Airhitam Nurbaiti, S.Kep dan jajaran Kasi Kesra Irfan, S.Sos mendampingi Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., Babinsa Serka Ruswan, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Jajaran LHP dan unsur perangkat pekon serta seluruh KPM. 

usai menerima BLT-DD berupa uang cash sebesar Rp600 ribu, Dedi mengatakan, berkat bantuan itu meringankan bebannya sebagai Kepala Keluarga yang bertanggung jawab penuh dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga kecilnya.

BACA JUGA:Berkat Prestasi ADWI, Kampung Kopi Terima 10 Beasiswa Kampus Nusadaya Academy

Diakuinya, manfaat BLT-DD tersebut sangat dirasakan bukan karena bantuan itu semata-mata dampak dari pandemi Covid-19, melainkan selama beberapa tahun ini.

Khususnya 2022 hasil usaha perkebunan kopi yang menjadi satu-satunya harapan mengalami penurunan yang sangat tajam.

Sehingga berkat BLT-DD tersebut sedikit banyaknya membantu meringankan kebutuhan ekonomi. "Rasa syukur kami sampaikan berkat BLT-DD ini dapat membantu kebutuhan dapur kami di kondisi hasil usaha perkebunan kopi yang anjlok," imbuhnya.

Sementara Peratin Sugeng, mengatakan jika tahun 2023 mendatang BLT-DD masih ada, hanya saja kriteria penerima adalah masyarakat yang kategori Miskin Ekstrim, seperti tidak memiliki usaha, atau Lanjut Usia (Lanjut) usia yang hidup sendirian dan mengalami penyakit menahun. 

Kasi Kesra Irfan minta agar batuan dapat dibelanjakan tepat guna, dan berharap untuk pembagian satu bulan terakhir dapat dilaksanakan dengan lancar seperti sebelumnya sesuai dengan waktu. (rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: