Ratusan HPR di Pekon Pagardewa Disuntik Vaksin Rabies

Ratusan HPR di Pekon Pagardewa Disuntik Vaksin Rabies

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat melalui UPT Pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Lumbokseminung yang juga membawahi wilayah Kecamatan Sukau melakukan vaksinasi terhadap hewan penular rabies (HPR) di Pekon Pagardewa, Kecamatan Sukau, Senin (21/11/2022).

Selain melakukan pelayanan vaksinasi, petugas juga memberikan pelayanan pengobatan bagi hewan yang sakit. Pelayanan itu dilaksanakan oleh Drh. Fathan Abdul Aziz didampingi Kepala UPT Puskeswan Lumbokseminung Hermansyah, petugas vaksinator Sutisna, Julian Denis dan Ahmad Muhajir.

Kepala UPT Puskeswan Lumbokseminung Hermansyah mendampingi kepala Disbunnak Lambar Yudha Setiawan menjelaskan dalam pelayanan tersebut pihaknya memberikan vaksinasi rabies dan pengobatan ke sebanyak 200 HPR jenis anjing.

"Kegiatan vaksinasi rabies ini dilakukan untuk melindungi hewan peliharaan masyarakat dari serangan virus rabies yang dapat membahayakan hewan peliharaan dan pada akhirnya dapat membahayakan masyarakat," jelasnya

BACA JUGA:Kabupaten Lambar Raih Juara I Bazar UMKM Pangan Lokal-Juara III Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi

Selain vaksinasi, pihaknya juga melakukan pengobatan terhadap hewan yang sakit yang juga dilakukan secara gratis. Ia berharap masyarakat terus aktif melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaannya agar HPR yang dipelihara aman dari serangan virus rabies.

“Harapan masyarakat dapat mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan terhadap penularan rabies dengan memberikan vaksin rabies kepada setiap hewan peliharaan yang dimiliki," kata dia

Hal itu, kata dia, sebagai bentuk tanggungjawab pemilik, untuk untuk memastikan hewan peliharaannya terbebas dari virus rabies sehingga aman bagi manusia.

“Pelayanan vaksinasi ini gratis, sehingga siapapun masyarakat bisa mengajukan melalui pemerintah pekon untuk mendapat pelayanan ini,” tandasnya.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: