Kabupaten Lambar Raih Juara I Bazar UMKM Pangan Lokal-Juara III Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi

Kabupaten Lambar Raih Juara I Bazar UMKM Pangan Lokal-Juara III Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lambar meraih juara I Bazar UMKM Pangan Lokal dan juara III Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Lampung dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 tahun 2022 yang diselenggarakan di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Telukbetung, Bandarlampung, Senin (21/11).

Tampak hadir pada acara tersebut dari Kabupaten Lambar yaitu Wakil Ketua TP PKK Gurti Komara Wati, Ketua Dharma Wanita Persatuan Zelda, sejumlah pengurus TP PKK Kabupaten, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maidar, S.H, M.Si,  serta tim Dinas Ketahanan Pangan.

“Dinas Ketahanan Pangan Lampung Barat berhasil meraih juara I Bazar UMKM Pangan Lokal dan juara III Lomba Cipta Menu B2SA,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maidar, S.H, M.Si didampingi Kabid Konsumsi, Penganekaragaman, Mutu dan Keamanan Pangan Kelana Indah, S.Shut, M.P, Senin (21/11/2022).

Dijelaskanya, dalam rangka peringatan hari pangan sedunia ke-42 tahun, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung bekerjasama dengan TP PKK Provinsi Lampung menggelar lomba cipta menu B2SA, bazar UMKM pangan lokal dan festival produk unggulan pertanian.

BACA JUGA:Tiga Rumah Warga di Kawasan TNBBS Hancur Diseruduk Gajah

“Peserta kegiatan ini berasal dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung,” kata dia.

Lanjut dia,  adapun bahan bazar produk UMKM yang ditampilkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lambar yaitu produk olahan tanaman pangan, produk olahan hortikultura, produk olahan perkebunan, produk olahan peternakan dan produk olahan perikanan.

Masih kata Maidar, tujuan dilaksanakannya sejumlah kegiatan dalam rangka hari pangan sedunia itu yaitu meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal, mendukung peningkatan produksi, inovasi, akses pasar dan peningkatan omzet pelaku usaha, UMKM sektor pertanian serta mempromosikan produk-produk unggulan dari kabupaten/ kota se-Provinsi Lampung pada masyarakat.

Sementara sasarannya yaitu percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal, menurunkan ketergantungan konsumsi beras dan meningkatkan konsumsi pangan lokal sumber karbohidrat lainnya, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan KWT/UMKM Pangan, serta meningkatkan produksi dan inovasi produk unggulan pertanian dari kabupaten/ kota di Provinsi Lampung.   

BACA JUGA:Karya Bakti TNI Selesai, Pekon Tanjungraya : Terimakasih Atas Partisipasi Semua Pihak

Output adanya kegiatan tersebut yaitu terlaksananya lomba cipta menu B2SA, Bazar UMKM dan Festival Produk Unggulan Pertanian Provinsi Lampung, tersosialisasinya pada masyarakat beragam menu B2SA dan komoditas unggulan dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, serta meningkatnya omzet penjualan dan pendapatan UMKM peserta bazar.

“Atas diraihnya juara I Bazar UMKM Pangan Lokal dan juara III lomba cipta menu B2SA, kita mendapatkan hadiah berupa tropy dan uang tunai,” kata dia.

Dengan diraihnya juara I Bazar UMKM Pangan Lokal dan juara III Lomba Cipta Menu B2SA, Maidar berharap produk pangan lokal Lampung Barat dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga permintaan meningkat.

“Begitu juga dengan produk unggulan beras organik dan sayuran organik yang sudah mengantongi sertifikasi organik dari lembaga sertifikasi harapannya juga mulai dikenal oleh masyarakat sehingga dapat menambah kuota pemasokan di wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya,” pungkas Maidar. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: