Sudah Iuran Tiap Bulan, ASN Lambar Masih Diminta Sumbang Doorprize di HUT KORPRI Ke-51

Sudah Iuran Tiap Bulan, ASN Lambar Masih Diminta Sumbang Doorprize di HUT KORPRI Ke-51

Ilustrasi--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Meski Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, dikenai iuran iuran setiap bulannya untuk Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), namun pada menyambut HUT KORPRI ke-51 tahun 2022, Ketua Dewan Pengurus KORPRI Lambar Drs. Nukman, M.M., menyurati DP Unit KORPRI perangkat daerah dan meminta ASN untuk memberikan hadiah.

Untuk diketahui, selama ini ASN di Lambar dikenai iuran KORPRI dengan rincian untuk ASN golongan IV sebesar Rp15 ribu, golongan III sebesar Rp10 ribu dan golongan II sebesar Rp5000.

Sementara untuk HUT KORPRI tahun ini ASN diminta menyiapkan hadiah, dimana untuk pejabat eselon II dibebankan untuk memberikan sepeda gunung, pejabat eselon III A dan III B berapa dispenser atau yang setara dan eselon IV serta staf berupa payung, mangkok, tumbler atau yang nilainya setara. 

Permintaan Nukman yang juga Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lambar tersebut tertuang dalam surat edaran Dewan Pengurus KORPRI Lambar No.236/41/DPKorpri-LB/2022 tertanggal 17 November, dimana mengimbau ASN menyiapkan hadiah atau doorprize, yang disesuaikan dengan jabatan. 

BACA JUGA:KKI Lambar Gelar Rakerda I/2022

Surat edaran KORPRI tersebut menjadi pembicaraan di lingkungan ASN Pemkab Lambar, dimana mempertanyakan perihal iuran yang selama ini diberikan, sementara pada saat perayaan HUT KORPRI tahun ini ASN kembali dimintai iuran berupa hadiah.

”Iya benar, surat edaran tersebut memang bentuknya imbauan, dimana kami diminta mengumpulkan paling lambat 24 November di Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata. Saya pribadi merasa keberatan, karena gaji kami dipotong setiap bulan untuk KORPRI, tetapi kami kan merasa bingung juga,” ungkap salah seorang ASN di lingkungan Pemkab Lambar, yang mewanti-wanti agar namanya tidak ditulis.

Hadiah yang diminta tersebut, kata dia, yakni berkaitan dengan akan diselenggarakannya jalan sehat jalan sehat dalam rangka HUT KORPRI yang dijadwalkan pada 27 November mendatang. 

”Yang menjadi pertanyaan juga, untuk apa hadiah-hadiah itu?, karena jumlah ASN di Lambar ini sebanyak 3.849 orang, jadi bayangkan jika semuanya dimintai hadiah, mungkin GOR saja penuh sama hadiah,” ujarnya. 

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Dana Bimtek Peratin Jalan Ditempat?

Senada dikatakan salah seorang pejabat di lingkungan pemkab setempat, bahwa dengan adanya imbauan dari pengurus KORPRI tersebut ia mengaku sangat dilema, mengingat harga hadiah yang diminta cukup mahal.

”Kalau sepeda gunung harganya mahal, sementara kami diminta memberikan hadiah itu, meski ini sifatnya hanya imbauan tetapi kan tahu sendiri, Ketua KORPRI itu pak Sekda (Sekkab),” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua KORPRI Lambar Nukman menegaskan, permintaan hadiah tersebut hanya sebatas imbauan. Kegiatan yang akan digelar juga bukan sebagai suatu sensasi, namun karena ASN adalah bagian dari KORPRI maka wajar dilibatkan untuk perayaan HUT KORPRI.

”Itu kan hanya sebatas imbauan saja kepada ASN selaku keluarga besar dari KORPRI, ini bukan untuk sensasi, tetapi ini semua dari kita untuk kita, dimana hadiah-hadiah yang diberikan oleh ASN tersebut nantinya juga akan dibagikan untuk ASN dan perlu dicatat ini hanya sebatas imbauan dan tidak ada paksaan, yang tidak mau memberikan hadiah juga tidak apa-apa,” tegas Nukman. (nop/lus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: