KKI Lambar Gelar Rakerda I/2022

KKI Lambar Gelar Rakerda I/2022

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I/2022 di Aula Selinggang Alam D’EV Kuliner, Minggu (20/11/2022).

Wakil Ketua KKI Kabupaten Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua KKI Kabupaten Lambar Drs. Tono Suparman mengungkapkan, gelaran diikuti oleh segenap Badan Pengurus KKI Kabupaten Lambar, pengurus Koalisi Muda Kependudukan (KMK) Kabupaten Lambar dan Pengelola Pojok Kependudukan (Population Corner) SMAN 1 Liwa.

Kegiatan yang bertemakan “Ayo Peduli Penduduk Rentan, Tian Minak Muari Ram” (Ayo Peduli Penduduk Rentan, Mereka Sanak Saudara Kita) dilakukan dalam rangka memenuhi amanat pasal 22 ayat 9 & 10 AD/ART Koalisi Kependudukan Indonesia. 

“Rakerda dilaksanakan untuk menjabarkan program kerja strategis daerah dengan memperhatikan hasil Rakernas dan Rakerda Provinsi. Rakerda yang demikian diadakan sekurang-kurangnya satu kali antar Musda,” kata Sandarsyah, Minggu (20/11/2022).

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Dana Bimtek Peratin Jalan Ditempat?

Dengan demikian tujuan Rakerda I/2022 adalah untuk menyusun program kerja strategis daerah KKI dan KMK Kabupaten Lampung Barat di tahun 2023.

“Hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini yaitu adanya keterpaduan dan sinergitas program antara KKI dan KMK Kabupaten Lampung Barat tahun 2023, terlaksananya seluruh kegiatan KKI dan KMK Kabupaten Lampung Barat, adanya bantuan sumberdaya, khususnya dana dari luar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, dan terwujudnya kerjasama dan kemitraan dengan Instansi Pemerintah/Organisasi Perangkat Daerah terkait atau organisasi LSM yang sejalan dengan visi dan misi KKI/KMK,” tegasnya.

Selanjutnya menurut Sandarsyah, ada beberapa poin isu program kerja daerah yang  dibahas pada Rakerda I/2022 antara lain Duta Perubahan Prilaku (Pasca Pandemi Covid’19), Tim pelaksana persiapan semboyan “Liwa Raya”, Kampanye slogan/jargon “Ayo Senyum dan Angkat Jempol Kanan” (ASDAJEKA), dan Kampanye “Cinta Tanah Air Indonesia”.

Lalu, Pojok Kependudukan (Population Corner) di Pondok Pesantren, DASHAT (DApur SeHat Atasi sTunting), Pekon Model : DEMO WISATA, serta Rap & Nal S.3 (Seandanan, Secancanan, Seangkonan) 

BACA JUGA:Disdukcapil Lampung Terus Sosialisasikan Penerapan Identitas Kependudukan Digital

Masih kata dia, adapun ruang lingkup kerja KKI yaitu membangun kesamaan visi, misi, komitmen diantara sesama anggota dan mitra, menyusun dan menyepakati strategi dasar advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) bagi pembangunan kependudukan dan keluarga, dan membangun kemitraan, jejaring, promosi dan sinergi antar sesama anggota dan mitra.

Selanjutnya, melaksanakan pendidikan kependudukan bagi masyarakat, menggerakan peran serta masyarakat sebagai mitra setara, menyusun dan melaksanakan program kerja yang disepakati bersama, serta memantau dan mengevaluasi secara berkala kegiatan organisasi.

Sedangkan Strategi Dasar dalam pelaksanaan kerja berupa Advokasi, KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi), Kemitraan, Peningkatan Kapasitas, dan Pendidikan Kependudukan sedini mungkin.

Semua ini tentu untuk sejalan dengan peran dan fungsi organisasi KKI yaitu  melakukan KIE dan memberikan pendidikan kependudukan bagi masyarakat, memberikan rekomendasi dan melakukan advokasi untuk mendorong kebijakan, program dan alaokasi anggaran yang kondusif bagi pembangunan kependudukan dan keluarga, serta membangun kemitraan, mengembangkan jejaring, memupuk kegotongroyongan di antara berbagai pihak dan organisasi yang mempunyai kesamaan visi dan misi.

BACA JUGA:Melalui Program Tabik Pun, Polres Lampura Jalin Sinergitas dengan Masyarakat

“Lalu menjadi pusat kajian dan informasi serta sarana pertukaran informasi tentang pembangunan kependudukan dan keluarga, memberikan dukungan kepada mitra-mitra dan calon mitra yang membutuhkan tambahan keahlian dan keterampilan, serta mengembangkan pendidikan kependudukan secara berkelanjutan,” pungkas Sandarsyah.(lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: