Musa Ahmad Menghadiri Acara Metatah Massal yang Digelar WHDI Lamteng

Musa Ahmad Menghadiri Acara Metatah Massal yang Digelar WHDI Lamteng

--

LAMTENG, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Musa Ahmad menghadiri Acara Metatah/Potong Gigi Massal yang diadakan oleh WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) Lampung Tengah di Kampung Wirata Agung Kecamatan Seputih Mataram pada Sabtu 12 November 2022. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati didampingi Kasat Pol PP serta Camat Seputih Mataram dan juga pengurus PHDI Lampung Tengah. 

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengatakan Pemerintah selalu mendukung kegiatan adat di Lampung Tengah dalam rangka melestarikan seni, adat, agama dan budaya. 

Dalam rangka melestarikan tradisi leluhur umat hindu di Bali dengan melaksanakan potong gigi. Bupati Musa Ahmad juga mengapresiasi WHDI juga PHDI yang memfasilitasi kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik. 

Musa Ahmad juga menghimbau kepada umat sedharma untuk selalu hidup rukun dan kompak dalam kehidupan sehari-hari.

Metatah atau yang sering disebut juga dengan mepandes atau mesagih merupakan bagian dari ritual keagamaan bagi umat Hindu di Bali. 

Ritual ini wajib dilaksanakan oleh para orang tua kepada anaknya, sebelum anaknya memasuki jenjang perkawinan. 

 

Mengingat metatah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, upacara metatah sering diadakan secara massal yang diikuti masyarakat kurang mampu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: