Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Ilustrasi jerawat-freepik.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jerawat adalah penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula.

Selain wajah, jerawat bisa tumbuh atau timbul dibagian tubuh lain, seperti bahu, lengan atas, dada, hingga punggung. 

Ketika muncul di wajah, jerawat kerap kali tak hanya bisa menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman, tapi juga dapat menciutkan rasa percaya diri.

Munculnya jerawat di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya mengganggu karena menimbulkan kemerahan di wajah, jerawat juga menimbulkan rasa sakit bahkan juga gatal yang membuat rasa tidak nyaman di kulit wajah.

Selain  itu, setelah sembuh pun masalah jerawat masih berlanjut dengan meninggalkan noda bekas jerawat.

Jerawat sendiri merupakan sebuah kondisi dimana folikel rambut di kulit tersumbat oleh minyak, bakteri, dan sel kulit mati. 

Penyebabnya pun beragam, mulai dari ketidakseimbangan hormon hingga kebiasaan membersihkan wajah yang kurang tepat. 

Apalagi jika melakukan penanganan yang salah, jerawat bahkan bisa membuat wajah menjadi kusam dan bahkan diwarnai noda hitam, termasuk bopeng-bopeng.

Perawatan jerawat secara konvensional bisa dilakukan, tapi terkadang mahal dan sering kali memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti kulit kering kemerahan, dan iritasi.

Hal itu pun telah mendorong banyak orang untuk mencari cara mengobati jerawat secara alami.

Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami

 

1. Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lysozyme yang ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan memisahkan putih telur dari kuningnya dan dicampur dengan air perasan lemon. Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: