Jadi Desa Model Konvergensi Penanganan-Pencegahan Stunting, Sukaraja Sambut Kedatangan TP-PKK Lampung

Jadi Desa Model Konvergensi Penanganan-Pencegahan Stunting, Sukaraja Sambut Kedatangan TP-PKK Lampung

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pekon Sukaraja, Lecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat menjadi lokasi khusus sebagai model konvergensi penanganan dan pencegahan stunting sekaligus desa ramah perempuan dan peduli anak (RPPA). 

Terkait itu, Pekon Sukaraja menjadi tujuan kunjungan kerja Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Lampung yang diwakili Ketua Bidang III Erna Suud Hanan pada Selasa (15/11/2022).

Kunker ini disambut langsung oleh Bupati Lambar H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad hasnurin, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom, Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil mabsus, Ketua I TP-PKK Gurti Mad hasnurin, Ketua DWP Zelda Nukman, Asisten, Kepala OPD, Camat, peratin, anggota TP-PKK se-lambar dan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan ini rombongan TP-PKK Provinsi didampingi Bupati Lambar beserta jajaran mengunjungi Posyandu, pembinaan kader posyandu, pelayanan donor darah, pelayanan KB, ruang Genre Forum anak daerah, dapur sehat atasi stunting Pekon Sukaraja,ruang kampanye gizi peternakan, KWT, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Pekon Sukaraja.

BACA JUGA:Menjaga Eksistensi, DPRD Minta FSB Tetap Digelar Meski Sederhana

Kemudian Pemerintah Provinsi Lampung menyerahkan bantuan Mesin jahit, oven, paket kursi roda, alat bantu dengar, tongkat segitiga, sarana budidaya ikan, bibit ayam, bibit sayur dan buah, makanan olahan ikan dalam rangka gemarikan, kemeja sport untuk forum anak Lambar, dapur sehat atasi stunting (dahsat) kid, apron ibu menyusui, 2500 telur ayam.

Dalam kesempatan ini Bupati Lambar mengucapan selamat datang kepada TP PKK Provinsi Lampung yang berkenan hadir di bumi beguai jejama sai betik ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan Momentum yang berkaitan dengan masa depan anak yang cerdas. 

"Tentu kunjungan ini menjadi Spirit dan semangat bagi Pemkab Lambar dalam pencegahan stunting, serta pekon ramah perempuan dan peduli anak yang harus didukung oleh semua pihak," ujarnya

Oleh karena itu, pihaknya berharap penanganan stunting harus serius, sehingga pemerintah selalu mengupayakan kerjasama lintas sektoral. Dengan adanya Sinergi antara kelembagaan mudah- mudahan penanganan stunting di Lambar dapat di tangani.

BACA JUGA:Warga Penerima BLT-DD Pekon Sukadamai Terima Bantuan Oktober dan November

"Untuk Peratin Pekon Sukaraja saya berharap agar dapat melaksanakan program pangan mandiri dengan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam sederhana," pesannya

Selanjutnya ia berpesan kepala puskesmas Kecamatan Batubrak dan Bidan desa agar dapat melaksanakan pembinaan dan pendampingan serta memberikan edukasi kepada orang tua untuk pencegahan stunting dengan cara mengunjungi langsung untuk pembinaan pola hidup dan sehat sebagai salah satu upaya mencegah stunting.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi yang diwakili Ketua Bidang III Erna Suud Hanan menyampaikan Apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Bupati Lambar, Ketua TP-PKK dan Pekon Sukaraja atas berbagai sambutan yang disuguhkan dalam itu. 

"Ada tiga poin penting dari TP-PKK Provinsi Lampung yang menjadi fokus yaitu pemberdayaan perempuan, pemenuhan hak anak dan pencegahan stunting," kata dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: