Cek Lokasi Terdampak Banjir, Parosil Ingatkan Warga Tetap Waspada

Cek Lokasi Terdampak Banjir, Parosil Ingatkan Warga Tetap Waspada

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus melakukan peninjauan lokasi pemukiman yang terdampak bencana banjir di Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak, Senin (14/11/2022).

Dalam peninjauan itu Parosil di dampingi Kepala DPUPR Ir. Ansari, Kepala DLH M. Henry Faisal, Camat Batubrak Sutian, Peratin Pekon Kerang M. Amin serta sejumlah perangkat daerah. 

Menyikapi cuaca extrim saat ini, Parosil menilai masih berpotensi menimbulkan bencana, terlebih Lambar memang merupakan daerah rawan bencana sehingga dirinya mengingatkan agar masyarakat tetap waspada.

"Rawan bencana ini bukan hanya banjir, tetapi termasuk juga tanah longsor.  Sehingga diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari seluruh lapisan masyarakat, selain itu komunikasi dan koordinasi dari semua sektor juga harus terus ditingkatkan," kata Parosil.

BACA JUGA:Tanah Longsor dibersihkan, Arus Lalulintas Kembali Normal

Hak tersebut, kata dia, untuk memastikan kondisi setiap wilayah yang terdampak bencana. 

Selain itu Pemerintah juga akan menghitung berapa jumlah kerugian yang ditimbulkan dampak dari pada bencana serta akan memberikan bantuan terhadap warga yang terdampak.

"Karena penanganan bencana alam ini konsepnya gotong royong dan kebersamaan tidak akan selesai persoalan ini ditangani oleh Pemerintah tanpa adanya dukungan dari pada seluruh lapisan masyarakat, sekarang kita tidak boleh hanya menyalahkan alam tetapi sebagai manusia kita wajib menjaga lingkungan," pesannya

Dikesempatan itu ia juga mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, terlebih bagi masyarakat yang bermukim di bantaran sungai.

BACA JUGA:Pamer Foto Prewedding Berbalut Baju Adat Lampung Pesisir, Kaesang: Calon Bojoku Ayu Tenan

"Untuk masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai juga harus menerapkan konsep cinta lingkungan dan bagi yang tinggal disana kita juga tidak bisa menyalahkan karena mungkin ini yang mereka miliki dan mereka suka tinggal disana," kata dia.

Hanya saja yang terpenting kewaspadaan harus terus ditingkatkan dan dirinya meminta kepada seluruh aparatur pekon untuk memaksimalkan peran dan fungsi satgas PB pekon untuk berkoordinasi, menjaga serta melakukan upaya-upaya antisipasi.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: