Sejumlah Wilayah di Lambar Dilanda Banjir Bandang dan Longsor, Ini Lokasinya

Sejumlah Wilayah di Lambar Dilanda Banjir Bandang dan Longsor, Ini Lokasinya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu malam hingga dini hari Minggu (12-13/11/2022) di sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat menimbulkan bencana banjir hingga longsor yang di sejumlah kecamatan diantaranya di kecamatan Sukau, Lumbokseminung, Balikbukit, Batubrak dan Belalau.

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber diantaranya Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Informasi dari Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Pekon, untuk wilayah Kecamatan Sukau Banjir melanda tiga wilayah Pemangku

Ketiga wilayah tersebut yakni Pemangku Uluhan, Pemangku Pekon Lom dan Pemangku Negeriratu Ilir yang mengakibatkan sekitar 60 rumah warga tergenang banjir setinggi mencapai 1 Meter.

Selain itu sejumlah kerusakan fasilitas umum seperti jalan dan jembatan, puluhan unit sepeda motor dan dua unit kendaraan roda empat terendam serta puluhan ternak sapi mati dan hanyut terseret banjir.

 BACA JUGA:Tiga Korban Tanah Longsor Akan Dimakamkan di TPU Rawas

Tidak hanya banjir, bencana longsor juga menimbun delapan titik akses menuju Wilayah Sulung - Pekon Tebapering.

Selanjutnya di wilayah Kecamatan Lumbokseminung, akibat luapan sungai (Way) Sebukau di wilayah perbatasan Pekon Lombok dan Pekon Kagungan, membanjiri sejumlah rumah dan satu masjid di wilayah setempat. 

Selain itu, satu sungai lainnya yakni Way Kelahok juga meluap dan merusak lahan pembibitan ikan nila di Pekon Lombok. Selain banjir, bencana longsor juga menimbun akses penghubung Pekon Kagungan dengan Pekon Sukabanjar.

Di Kecamatan Balikbukit, bencana longsor terjadi di wilayah Pemangku Limau Kunci, Pekon Padang Cahya. Dimana akses utama menuju wilayah setempat tertimbun longsor sepanjang sekitar 10 meter, tinggi 3 meter dan lebar 3 meter. 

 BACA JUGA:Way Sebukau dan Way Kelahok Meluap, Banjiri Masjid dan Rusak Kolam Pembibitan

Selain longsor, cuaca ekstrim juga mengakibatkan satu tiang listrik (penyulang cappucino) di Kelurahan Waymengaku tepatnya di depan Pengadilan Negeri (PN) Liwa patah hingga terjadi pemadaman arus listrik.

Kemudian, di Kecamatan Batubrak bencana banjir luapan sungai Way Semaka melanda pemukiman warga di Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak, tepatnya di Pemangku I dan III. 

Akibat kejadian tersebut Sepuluh rumah warga dan satu Masjid serta lima Hektar area persawahan yang baru ditanam padi terendam banjir setinggi sekitar 60 cm. Selain banjir, bencana longsor juga menimbun jalan penghubung antara Pekon Sukaraja dengan Pekon Kembahang dengan panjang 3 meter.

Selanjutnya, di Kecamatan Belalau tepatnya di wilayah Pemangku II Kampung Sawah, Pekon Sukarame. Akibat luapan sungai Way Semaka mengakibatkan banjir yang merendam areal persawahan baru ditanam padi dan kolam budidaya ikan milik warga setempat setinggi sekitar 5 meter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: