Way Sebukau dan Way Kelahok Meluap, Banjiri Masjid dan Rusak Kolam Pembibitan

Way Sebukau dan Way Kelahok Meluap, Banjiri Masjid dan Rusak Kolam Pembibitan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sungai (Way) Sebukau di wilayah perbatasan Pekon Lombok dan Pekon Kagungan, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat meluap dan membanjiri sejumlah rumah dan satu masjid di wilayah setempat.

Selain itu, satu sungai lainnya yakni Way Kelahok juga meluap dan merusak lahan pembibitan ikan nila di Pekon Lombok.

Peratin Kagungan Ali Rahman menjelaskan, pendangkalan sungai di wilayah perbatasan Pekon Lombok dan Kagungan tersebut memang telah beberapa kali mengakibatkan banjir seperti yang terjadi pada Minggu pagi (13/11/2022). 

Akibatnya, sejumlah rumah dan masjid berada di bantaran sungai tersebut tergenang dengan ketinggian air sekitar 15-20 Centimeter 

BACA JUGA:Jembatan Ambruk Diterjang Banjir, Akses Utama Menuju Pekon Sukamulya Lumpuh Total

“Ya, pagi ini meluap lagi, titik terparah berada di Pekon Kagungan dengan ketinggian air mencapai sekitar 15-20 CM,” jelasnya.

Banjir itu, kata dia, terjadi akibat adanya pendangkalan sungai yang disebabkan oleh adanya penumpukan sedimen yang terbawa arus dari dataran tinggi. 

"Untuk menanggulangi banjir ini perlu upaya normalisasi dan sebelumnya memang sudah kita rencanakan melalui dana desa tapi karena Covid-19 maka pelaksanaan terhambat,” tuturnya.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: