Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Gelar Sosialisasi KIM di Lambar

Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Gelar Sosialisasi KIM di Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lampung Barat Indrayani, M.Pd membuka secara langsung sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat, Jumat (11/11/2022).

Acara yang diselenggarakan Dinas Kominfotik Provinsi Lampung tersebut, dengan pemateri Kepala Bidang Pengelola Komunikasi Publik, Diskominfotik Provinsi Lampung Lakoni Ahmad dan Sekretaris Diskominfo Kabupaten Lampung Barat Indrayani dan diikuti peserta dari perwakilan kelompok masyarakat Kecamatan Balik Bukit

Sekretaris Dinas Kominfo Indrayani dalam sambutannya mengatakan penyebaran informasi di Lampung Barat saat ini menjadi tantangan tersendiri, sebab menurutnya Pekon yang ada di Lampung Barat belum seluruhnya terjangkau sarana informasi komunikasi yang memadai. 

Dikatakan Indrayani saat ini kesulitan mengakses informasi masih dirasakan masyarakat pedesaan yang berada di wilayah terpencil dan tertinggal, serta belum maju secara ekonomisnya. 

BACA JUGA:Bersama Satgasus Mabes Polri, KP3 Lamsel Awasi Peredaran Pupuk Bersubsidi

"Maka tak heran jika akses terhadap media cetak maupun elektronik menjadi hal yang sulit diperoleh," ujar Indrayani.

Pihaknya menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi kelompok informasi masyarakat yang di gelar di Lampung Barat, dengan harapan kegiatan itu dapat menjadi salah satu upaya untuk menerapkan konsepsi Government Public Relations (GPR). 

"Namun untuk penerapan GPR tersebut membutuhkan dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari komunitas yang ada di tengah masyarakat," kata dia

Indrayani berharap dengan adanya pemberdayaan KIM tersebut dapat menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok dan bertukar informasi serta membuka peluang kemitraan dengan dinas- dinas di tingkat kabupaten. 

BACA JUGA:HUT ke-11, DPW NasDem Lampung Bagikan 20 Ribu Paket Beras

"Dengan adanya KIM ini bisa menjadi wadah sosialisasi informasi masyarakat dan juga bisa memfilter informasi dan juga meredam informasi yang tidak baik," ujarnya seraya menambahkan, KIM ini merupakan mitra dari Diskominfo dalam menyebarluaskan informasi publik, untuk itu peranan KIM sangat strategis sebagai media untuk menyampaikan informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas.

"Melihat peran KIM yang begitu efektif mendiseminasikan informasi publik dan pemberdayaan, maka KIM membutuhkan sumbangan berupa pemikiran pengembangan. Sosialisasi dan teknis pelatihan anggota KIM patut diusulkan dalam program kegiatan Pemerintah Daerah," pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelola Komunikasi Publik, Diskominfotik Provinsi Lampung Lakoni Ahmad dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang digelar Provinsi Lampung setiap tahunnya dengan tujuan diharapkan dapat memberikan pembinaan kepada kelompok informasi masyarakat. 

"Pesertanya dari masyarakat, kita harapkan masyarakat turut serta berperan menyebarluaskan informasi dalam membangun daerah masing-masing," tandasnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: