KPU Pesbar Gelar Simulasi Aplikasi SIAKBA

KPU Pesbar Gelar Simulasi Aplikasi SIAKBA

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) pada Rabu (9/11), menggelar simulasi (uji coba) pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA), sebagai persiapan rencana perekrutan badan ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024.

Koordinator Divisi SDM, Parmas dan Sosialisasi KPU Pesbar, Zairi Opani, mengatakan, pelaksanaan simulasi aplikasi SIAKBA ini dilaksanakan serentak se-Indonesia yang dibimbing langsung oleh KPU RI. 

Dari seluruh Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pemilu serentak 2024 itu setiap Kabupaten/Kota memiliki sampel Kecamatan untuk simulasi pengoperasian SIAKBA tersebut.

“Salah satunya di Kabupaten Pesbar ini dengan uji sampel yakni di Kecamatan Pesisir Selatan. Dalam satu kecamatan itu yang disimulasikan sebanyak tujuh calon peserta PPK,” katanya.

 BACA JUGA:Sukajadi Gelar Musrenbang Penyusunan RKP Tahun 2023

Dijelaskannya, pada pelaksanaan simulasi itu mulai dari calon peserta membuat akun, pengisian data, upload data berkas administrasi, maupun lainnya. Karena dalam mengupload maupun pengisian data calon peserta seperti calon PPK nanti dilakukan secara online. 

Sedangkan, dalam pelaksanaan simulasi untuk sampel Kecamatan Pesisir Selatan itu memang masih terganjal adanya beberapa kendala.

“Salah satu kendala utama yakni terkait dengan kondisi jaringan internet yang tidak stabil, jaringan listrik dan sebagainya,” jelasnya.

Karena, kata dia, memang kekhawatiran KPU Pesbar mengenai pendaftaran calon ad hoc secara online itu yakni terkait dengan kondisi jaringan internet di beberapa titik wilayah Pesbar ini belum stabil. 

 BACA JUGA:Soal Belasan Siswa MAN 1 Pesbar Yang Dikeluarkan, Orangtua Siswa Ngadu ke DP3AKB Pesbar

Meski begitu, kedepan mudah-mudahan dalam rencana perekrutan badan ad hoc di KPU Pesbar ini tidak ada kendala dan bisa berjalan lancar.

“KPU Pesbar juga mengimbau bagi calon peserta yang belum memahami mengenai cara pengisian data maupun lainnya dalam aplikasi SIAKBA itu bisa datang langsung ke KPU setempat,” jelasnya.

Masih kata dia, KPU Pesbar rencananya juga akan membuka help desk untuk membantu melayani calon peserta yang akan mendaftar PPK maupun PPS nanti agar dapat lebih paham, sehingga pada saat pendaftaran nanti bisa meminimalisir terjadinya kesalahan.

“Untuk pembukaan pendaftaran badan adhoc seperti PPK Pemilu 2024 itu direncanakan pada 20 November 2022 mendatang, tetapi KPU Pesbar juga tetap menunggu informasi dan kepastian dari KPU RI,” pungkasnya.(yan/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: