Sukajadi Gelar Musrenbang Penyusunan RKP Tahun 2023

Sukajadi Gelar Musrenbang Penyusunan RKP Tahun 2023

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Sukajadi Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pekon tentang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon Sukajadi tahun anggaran 2023 yang dipusatkan di aula Balai Rakyat Pekon setempat, Rabu (9/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Krui Selatan, Suwarti, S.H., Peratin Sukajadi Bazargan, S.Pd.I., Koordinator Kabupaten TAPM pada TPP-P3MD Pesbar, M.Rido Dinata, S.Pd., ketua LHP Sukajadi, Firdaus, LPMP, Limas, Pendamping Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pengurus TP-PKK Pekon, karang taruna dan pihak terkait lainnya.

Peratin Sukajadi, Bazargan, mengatakan kegiatan musrenbang Pekon dalam rangka penyusunan RKP Pekon tahun 2023 ini tentu salah satunya bertujuan untuk menyerap informasi, dan juga masukan dari masyarakat tentang rencana pembangunan di Pekon ini kedepan. 

Karena itu, setiap peserta rapat yang terdiri dari 65 orang yang berasal dari berbagai elemen masyarakat di Pekon ini juga diharapkan dapat menyampaikan gagasan ataupun ide dan usulan.

 BACA JUGA:Soal Belasan Siswa MAN 1 Pesbar Yang Dikeluarkan, Orangtua Siswa Ngadu ke DP3AKB Pesbar

“Kita berharap semua lapisan masyarakat bisa menyampaikan gagasan ataupun usulan dan juga keinginan dalam rangka pembangunan Pekon Sukajadi ini,” katanya.

Lanjutnya, baik untuk pembangunan fisik maupun non fisik. Sehingga semua usulan yang disampaikan oleh masyarakat itu nantinya juga akan disesuaikan dengan kebijakan prioritas anggaran dana desa tahun 2023 di Pekon Sukajadi ini yang dikucurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

“Dalam pelaksanaan musrenbang RKP Pekon tahun 2023 ini banyak usulan yang disampaikan oleh perwakilan masyarakat setempat, maupun terkait lainnya,” jelasnya.

Masih kata Bazargan, rata-rata usulan yang disampaikan masyarakat itu mengharapkan adanya pencegahan ataupun antisipasi agar kedepan di wilayah Pekon Sukajadi tersebut tidak terjadi banjir. 

 BACA JUGA:Tingkatkan Infrastruktur, Kampung Tanjung Agung Bangun Box Culvert dan Gorong-gorong

Mengingat dengan kondisi musim pancaroba maupun musim penghujan yang terjadi setiap tahunnya itu harus tetap menjadi perhatian bersama.

“Selain itu masyarakat juga berharap agar di lokasi ruas jalan, khususnya jalan gang yang ada di Pekon Sukajadi ini dipasang lampung penerangan jalan,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, dalam pelaksanaan usulan pembangunan fisik, masyarakat juga meminta adanya pengerasan/rabat beton jalan di wilayah Pemangku IV. Serta, masyarakat berharap adanya solusi tentang kelangkaan pupuk pertanian, sehingga saat musim pemupukan, seperti pada tanaman padi dan jenis tanaman lainnya itu masyarakat petani di Pekon ini tidak kesulitan mendapat pupuk pertanian.

“Begitu juga dengan usulan-usulan masyarakat lainnya. Karena itu, dari semua usulan yang disampaikan oleh masyarakat dalam kegiatan Musrenbang penyusunan RKP 2023 ini, kedepan akan kembali dibahas lebih lanjut bersama Peratin, LHP, LPM, pendamping Desa dan lainnya,” pungkasnya.(yan/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: