Dinkes Lambar-BBPOM Bandar Lampung Bahas Hasil Pengawasan Iklan PIRT

Dinkes Lambar-BBPOM Bandar Lampung Bahas Hasil Pengawasan Iklan PIRT

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat menerima kunjungan dari tim Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandar Lampung, dalam rangka evaluasi hasil pengawasan iklan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) di wilayah kabupaten setempat, bertempat di Dinkes setempat, Rabu (9/11/2022).

Kedatangan tim BBPOM Bandar Lampung tersebut dipimpin oleh Novia Hestiningrum, S.Farm, Apt, M.A.B., sekaligus menggelar rapat dengan Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., didampingi Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) Wasis Supriyadi, ST, M.Ak., serta diikuti oleh Tenaga Penyuluh Keamanan Pangan dan Tenaga Pengawas Pangan Dinkes setempat.

Dikonfirmasi usai rapat berlangsung, Kepala Dinkes Lambar Widyatmoko Kurniawan mengungkapkan, pertemuan tersebut dilaksanakan untuk membahas data hasil pengawasan iklan yang telah dilakukan oleh pihaknya.

”Dimana data tersebut memerlukan pengkajian lebih dalam untuk menentukan kesesuaian iklan dengan peraturan yang telah ditetapkan, yaitu Peraturan BPOM No.1/2022 tentang Pengawasan Klaim pada Label dan Iklan Pangan Olahan,” ungkap Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan.

BACA JUGA:Camat Dahlin Respon Positif Dikelolanya Potensi Wisata Curup Seluangan

Terusnya, sasaran atau target pengawasan Iklan yakni iklan produk PIRT yang diproduksi di wilayah kerja Dinkes Lambar, maupun PIRT yang diproduksi di luar wilayah kerja Dinkes Lambar.

”Media Iklan yang dilakukan Pengawasan yakni media cetak, media luar ruangan, maupun elektronik, termasuk media sosial,” bebernya.

Lebih Lanjut Wawan mengungkapkan, untuk hasil rapat ada beberapa produk iklan PIRT yang tidak memenuhi ketentuan, seperti iklan produk yang mengklaim dapat menyembuhkan penyakit.

”Jadi ada iklan produk PIRT yang mengklaim bisa menyembuhkan penyakit, ini tentunya akan ditindaklanjuti oleh BBPOM,” pungkasnya. (nop/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: