Warga Bumijaya Berjibaku Bersihkan Jalan-Irigasi Dari Timbunan Longsor

Warga Bumijaya Berjibaku Bersihkan Jalan-Irigasi Dari Timbunan Longsor

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Aparatur pemerintah Pekon Bumijaya, Kecamatan Sukau bersama warga melaksanakan gotong royong membersihkan jalan dan saluran irigasi yang tersumbat akibat tertimbun tebing longsor di Pemangku Bumijawa Ilir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, Selasa (8/11/2022).

Pj Peratin Bumijaya Pajrianto mengatakan, kondisi cuaca beberapa hari terakhir ini kurang bersahabat, mengakibatkan terjadinya bencana tebing longsor yang menimbun jalan pemangku dan saluran irigasi di wilayah setempat.

“Akibat longsor tersebut akses jalan sempat terhambat dan mengakibatkan tersumbatnya saluran irigasi yang airnya dimanfaatkan oleh petani padi di Pekon Bumijaya dan Pekon Buaynyerupa,” kata Pajri, Selasa (8/11/2022).

Lebih lanjut disampaikannya, untuk membuka akses jalan tersebut, warga dan aparatur pekon melakukan gotong royong membersihkan material longsor secara manual atau menggunakan peralatan seadanya.

BACA JUGA:RSUD Alimuddin Umar Mulai Dilakukan Akreditasi oleh LARS

“Saat ini, jalan sudah terbuka dan bisa dilalui warga, termasuk aliran air pada saluran irigasi juga sudah lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, menyikapi tingginya curah hujan yang berlangsung saat ini, Camat Sukau Andy Cahyadi mengimbau warga di 10 pekon kecamatan itu agar selalu waspada terhadap ancaman bencana longsor dan pohon tumbang.

“Kami mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem saat ini, tingginya curah hujan akhir-akhir ini sangat beresiko menimbulkan bencana longsor maupun pohon tumbang, maka dari itu masyarakat harus selalu perduli terhadap bahaya ini agar tidak ada korban jiwa,” terusnya.

Apalagi, kata dia, disebagian besar wilayah Kecamatan Sukau didominasi dengan perbukitan. Sehingga Sukau menjadi wilayah yang rawan bencana seperti bencana longsor yang terjadi di beberapa titik mulai dari menimbun akses utama menuju Pekon Sukamulya, jalan penghubung antar Kecamatan Sukau-Lumbokseminung di Pekon Tebapering Raya dan terakhir terjadi di jalan lintas Liwa-Sukau tepatnya di wilayah Hamkatir, Pekon Bandarbaru.

BACA JUGA:Permudah Layanan Masyarakat, Polri Luncurkan Aplikasi Polri Super Apps

“Tentunya ditengah peristiwa bencana yang terjadi kami mengapresiasi kinerja dari BPBD Lambar, Satgas PB Pekon, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta masyarakat yang selalu sigap menangani berbagai bencana yang terjadi,” imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: