Salah Satu Trobosan Pemulihan Ekonomi, Lampung Miliki 131 Desa Wisata

Salah Satu Trobosan Pemulihan Ekonomi, Lampung Miliki 131 Desa Wisata

Plt Kepala Disparekraf Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan --

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung  terdapat 131 desa yang tersebar di 15 Kabupaten/kota. 

Plt Kepala Disparekraf Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan mengatakan, keberadaan desa wisata tersebut sebagai salah satu trobosan dalam rangka pemulihan ekonomi pasca mereda nya pandemi Covid-19.

"Desa wisata ini menjadi salah satu trobosan untuk pemulihan ekonomi. Karena konsepnya adalah ekonomi kerakyatan yang melibatkan semua komponen masyarakat untuk terlibat mengelola wisata tersebut," kata Qodratul, saat dimintai keterangan, Jumat (4/11) 

Lanjutnya, dari 131 desa wisata yang ada di Lampung terdapat 116 desa yang masuk kedalam katalog jaringan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga memudahkan wisatawan nasional untuk berkunjung.

BACA JUGA:Peratin Karangagung Gerakkan Warga Lakukan Penanganan Sementara Longsor

"Seperti kemarin itu ada desa wisata namanya Desa Pahawang yang masuk menjadi juara lima atau juara harapan dua dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 yang diadakan oleh Kemenparekraf," terangnya. 

Ia juga terus mendorong desa-desa lain yang ada di Lampung untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam (SDA) didesanya sebagai sarana tempat berwisata.

"Desa wisata ini kan yang mengajukan pemerintah kabupaten/kota. Harapannya desa-desa yang lain bisa memanfaatkan SDA nya semaksimal mungkin. Sehingga ekonomi kerakyatan akan terus tumbuh,"pungkasnya (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: