Upaya Tingkatkan Kesehatan Lansia, Puskesmas Lumbokseminung Sosialisasikan Caregiver Informal

Upaya Tingkatkan Kesehatan Lansia, Puskesmas Lumbokseminung Sosialisasikan Caregiver Informal

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagai Upaya untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat lanjut usia (Lansia). UPT Puskesmas Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat mengadakan sosialisasi Caregiver (Pendampingan dan perawatan lanjut usia) informal bertempat di balai Pekon Lombok Timur, kecamatan setempat Selasa (1/11/2022).

Diketahui, Caregiver informal adalah seseorang yang peduli terhadap kesehatan lansia, dan mereka bisa tenaga kesehatan, aparat pekon, kader maupun pekerja sosial lainnya.

Kepala UPT Puskesmas Lumbokseminung Mahdalena, S.K.M, menjelaskan program ini menjadi upaya puskesmas untuk membangun Masyarakat yang sayang dan peduli dengan lansia yang beresiko memiliki penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes melitus, stroke, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ),demensia, serta penyakit lainnya yang membutuhkan perawatan.

“Lansia merupakan kelompok usia rentan dimana pada fase ini, seseorang cenderung mengalami kemunduran fungsi, baik fisik maupun mental, sehingga memerlukan bantuan untuk memenuhi aktivitas kehidupan sehari-harinya, sehingga disinilah peran Caregiver informal dibutuhkan,” ujarnya

BACA JUGA:Tiga Perusahaan-Pekon Hantatai Tak Kunjung Lunasi PBB

Melalui sosialisasi ini, terusnya, pihaknya memberikan bekal kepada aparat pekon dan para kader di Pekon Lombok Timur untuk dapat turut serta memberikan perhatian dan pendampingan kepada para lansia.

“Semoga apa yang dilakukan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya dalam upaya peningkatan kesehatan bagi usia lanjut,” harapnya.

Sementara itu, Peratin Lumboktimur Gunadi menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut. Ia menilai memang perlu adanya upaya pendampingan dan perawatan bagi para lansia dengan mengedukasi aparat maupun kader dalam rangka meningkatkan kemandirian keluarga dan kualitas hidup lansia.

“Selain dari Keluarga lansia itu sendiri, tentu peran kita semua dibutuhkan untuk menjadi bagian dari agen program kesehatan lansia salah satunya Caregiver ini, sehingga adanya sosialisasi semoga dapat memberikan manfaat dan ilmu bagaimana merawat lansia dan memberikan dukungan kepada lansia yang ada disekitar kita,” imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: